Kewirausahaan

"HKI Merupakan Perlindungan Hukum Terhadap Bentuk"

oleh Wanita Wirausaha Femina
Benarkah HKI memberikan keuntungan bagi produk kita? Kata Ari Juliano Gema:
Banyak yang belum paham bahwa ada sebuah perlindungan hukum terhadap bentuk. Sebuah desain tas bisa dilindungi sebagai desain industri. Apalagi, jika bentuknya sangat khusus, berbeda dari yang sudah ada, bisa saja didaftarkan. Dengan begitu, pengusaha yang memproduksi tas tersebut mendapat perlindungan terhadap tas-tas di pasaran yang memiliki persamaan desain. Artinya, dia bisa menggugat para peniru.

Produk yang unik biasanya mengandung hal yang substantif, yang khusus membedakannya dari produk lain. Misalnya, ada merek perlengkapan sport terkenal yang selalu menampilkan tiga garisnya yang khas. Diletakkan di mana pun tiga garis tersebut, dan sekecil apa pun, itu merupakan identitas merek tersebut. Atau, merek tas ternama yang pola bunganya sangat khas. Ketika melihat pola bunga tersebut, orang sudah tahu mereknya. Jadi, ketika ada yang menggunakan pola tersebut pada produknya, pemilik desain bisa menempuh jalur hukum.
HKI itu sifatnya sangat personal. Cuma Anda, sebagai pemilik produk, yang tahu.

Maksudnya, bisa jadi orang lain tidak melihat kemiripan apa pun antara produk yang asli dan produk palsu. Tapi, Anda merasa bahwa dua produk itu sangat mirip. Karena, Anda tahu bahwa ada yang khusus dari produk tersebut, yang membedakannya dari produk lain. Jika merasa desain Anda ditiru, bahkan oleh industri besar di Cina, lakukan pengaduan ke polisi atau menggugat secara perdata kepada orang yang menyebarluaskan dan memperdagangkan. (f)

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article