Aspek Legal

Mendirikan PT Kini Makin Mudah

oleh Wiko Rahardjo
Kabar gembira itu dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2016, perihal Perubahan Modal Dasar PT. Dalam peraturan tersebut pemerintah tak lagi mewajibkan penyediaan modal dasar sebesar Rp50 juta bagi UMKM yang ingin mendirikan PT.
 
Menurut Farah Ratnadewi Indriani, Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), seperti dikutip dari Kontan Online, aturan penyediaan modal dasar sebesar Rp50 juta tersebut selama ini dirasa cukup menghambat keinginan pelaku UMKM untuk memiliki usaha berbadan hukum.
 
Dengan kehadiran PP terbaru ini, aturan tersebut dihilangkan. Besaran modal dasar kini ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara pendiri PT.  Menurut Farah, para pendiri PT yang inginmendapatkan kelonggaran ini tetap harsu memenuhi syarat seperti tertuang dalam Undang-undang No 20/2008 tentang UMKM.
 
Antara lain, untuk jenis usaha Mikro, memiliki kekayaan bersih atau aset maksimal Rp50 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan usaha. Omset tahunan maksimal Rp300 juta.
 
Untuk usaha kecil, syaratnya memiliki aset maksimal bernilai Rp500 juta di luar tanah dan bangunan. Serta memiliki omset maksimal tahunan sebesar Rp2,5 miliar.
 
Sementara untuk jenis usaha menengah, syaratnya memiliki aset bernilai maksimal Rp10 miliar di luar tanah dan bangunan. Omzet maksimal dalam satu tahun tidak lebih dari Rp50 miliar.
 
PP terbaru ini tidak berlaku untuk jenis usaha besar non UMKM. Karena sesuai dengan  UU Nomor 40/2007 tentang Perseroan Terbatas (PT), tetap harus menyertakan modal dasar sebesar Rp50 juta untuk mendirikan PT.
 
 

 

Wiko Rahardjo
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article