Bakso Ikan Ber-SNI Akan Pecahkan Rekor MURI Pada Hari Minggu Mendatang

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Fotosearch

Anda penggemar bakso ikan? Jangan lewatkan untuk menyaksikan pemecahan rekor MURI pada Minggu, (5/8) mendatang Penyajian Bakso Ikan Terbanyak sejumlah 18.818 porsi di halaman parkir Gedung BPPT Jalan Thamrin Jakarta.
 
Acara yang terselenggara atas kerjasama Badan Standardisasi Nasional (BSN) dengan para pemangku kepentingan seperti Kementrian Kelautan dan perikanan, Kementrian Koordinator Bidang Maritim ini juga akan dibarengi pemecahan rekor Guiness World Record senam poco-poco massal yang diikuti 65.000 peserta di sepanjang Jalan Thamrin.
 
Selain untuk mempromosikan produk olahan pangan ikan ber-SNI, hal ini sejalan dengan upaya menumbuhkan kesadaran masyarat akan pentingnya mengonsumsi ikan, yaitu gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Program yang dicanangkan Kementrian Kelautan dan Perikanan ini untuk membantu mengatasi ‘stunting’ (pertumbuhan kekerdilan pada anak karena kurang asupan protein).
 
Dalam acara pemecahan rekor penyajian ini, selain bakso ikan ber-SNI, juga disediakan bawang goreng dan bihun yang juga sudah ber-SNI.
 
Saat ini, sudah ada beberapa perusahaan olahan pangan ikan yang sudah menerapkan SNI, salah satunya adalah PT kelola Mina Laut. Bersama Kementrian Kelautan dan Perikanan, PT KML juga membina UKMK untuk menyediakan produk makanan yang terjaga mutunya seperti produk bandeng tanpa duri Marijo 88 dari Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, Bandeng Presto Bu Darmono dan Bandeng Presto Juwana di Semarang, Chipsy Siomay di Jakarta dan masih banyak lagi.
 
Prospek makanan olahan ikan sangat tinggi bila melihat angka konsumsi ikan per kapita yang kian meningkat. Yakti, dari 38,14 kg per tahun (2014) menjadi 41,11 kg  (2015), 43, 94 kg (2016) dan 46,94 kg pada tahun 2017.
 
Selain di Jakarta, pemecahan rekor MURI juga akan dilakukan di Palembang untuk penyajian pempek ber-SNI sebanyak 18.818 buah yang akan dilakukan pada tanggal 8 Agustus di Benteng Kuto Besak, Palembang. (f)

Baca Juga:
Untuk Tingkatkan Nilai Jual, Produk Perlu Suntikan Kreatifitas
Dapat kritikan Jelek Dari Orang Terdekat, Jangan Galau. Lakukan Ini Saja
 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article