Ilmu Bisnis UKM

4 Aplikasi ini Memudahkan Pebisnis UMKM

oleh Faunda Liswijayanti

Foto: Pixabay

Membangun bisnis, bahkan untuk kelas UMKM sekalipun, Anda perlu mulai mengaturnya dengan manajemen yang baik. Beruntung, kini mendukung kinerja pengusaha UMKM, semakin bannyak teknologi yang dikembangkan untuk mengatur usaha dengan manajemen yang lebih moderen. Cukup lewat gadget, pemilik usaha dapat mengurus soal pajak, pengiriman barang, hingga mendapatkan dana cepat untuk modal usaha. Empat aplikasi berikut ini akan membantu usaha Anda naik kelas.
 
1/ Ninja Xpress
Pebisnis online semakin mudah mengirimkan produknya kepada konsumennya karena semakin banyak layanan logistik yang menawarkan jasa antar barang. Salah satunya Ninja Xpress, yang mendukung bisnis e-commerce dengan solusi pengiriman yang inovatif berupa aplikasi pengiriman. Dengan teknologi ini, pebisnis e-commerce cukup melakukan proses pengiriman dengan satu klik. Setelah itu, teknologi canggih memungkinkan konsumen untuk melakukan pengecekan real time sehingga mereka bisa yakin dengan keselamatan paketnya hanya lewat layar ponsel.
 
Baru-baru ini Ninja Xpress mengeluarkan layanan penjemputan paket yang akan dikirim, dengan waktu tak lebih dari 90 menit. Layanan ini baru berlaku di wilayah Jakarta untuk pengiriman paket ke seluruh pulau Jawa dan kota-kota besar di seluruh Indonesia.
 
2/ Sleekr
Aplikasi pajak berbasis digital ini memudahkan UMKM untuk mengelola data karyawan dan keuangan sekaligus menyelesaikan kepatuhan pajak. Kerjasama Sleekr dan Dirjen Pajak menjadi jembatan bagi pengusaha dalam melaporkan pajak secara otomatis dan mudah.
 
Teknologi Application Programming Interface (API) pada aplikasi ini memungkinkan para pengguna aplikasi Sleekr melakukan impor data transaksi keuangan dan data karyawan yang berhubungan langsung dengan perpajakan ke aplikasi OnlinePajak hitung, setor, dan lapor pajak dapat dilakukan secara akurat dalam satu jaringan. Hal ini tentus aja akan memudahkan UMKM untuk melaporkan pajaknya. Aplikasi ini pun telah digunakan oleh ratusan ribu wajib pajak.
 
3/ Oy!
Satu lagi pilihan tempat untuk menawarkan jasa Anda, dari salon, restoran, hingga pemesanan tiket. Bagi pengusaha UMKM, aplikasi Oy! Bisa menjadi jembatan untuk menghubungkan bisnis Anda dengan konsumen sekaligus membuka kesempatan untuk bertemu dengan calon konsumen. Kelebihannya, aplikasi ini juga memungkinkan komunikasi langsung dengan konsumen, karena konsumen dapat bertanya kepada mitra toko atau penyedia jasa di Oy!. Aplikasi gratis yang dapat diunduh di android ini kini sudah memiliki 2000 mitra usaha dari Jakarta, Bandung, Bali, Medan, dan Surabaya yang telah terdaftar.

4/ Pinjam.co.id
Salah satu kendala bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya adalah soal permodalan. Kabar baiknya, kini semakin banyak financial teknologi atau jasa keuangan berbasis teknologi yang melirik peluang permodalam untuk wirausaha. Salah satunya yang dirintis pinjam.co.id, yang mengatasai kebutuhan dana cepat dengan sistem gadai online dan pinjaman usaha.
 
Bagi UMKM yang membutuhkan modal tambahan, cukup mengajukan pinjaman dengan mengisi form pinjaman, selanjutnya tim pinjam.co.id akan menghubungi. Hingga saat ini maksimal pinjaman yang diberikan sebesar Rp200 juta dengan masa pinjaman lebih dari 4 bulan dan bunga kompetitif 1% - 1,75% perbulan. Berkat kemudahan yang ditawarkan, hingga akhir tahun 2016, pinjam.co.id yang telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini telah memiliki 2.000 nasabah UMKM. (f)
 
 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article