Ilmu Bisnis UKM

Bingung Mencari Nama Yang Tepat Untuk Bisnis Anda? Coba Cara Ini

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Anna Sullivan / Unsplash


Ide bisnis sudah matang dan Anda sudah hendak mengeksusinya. Tapi, hingga hari ini Anda belum menemukan nama yang tepat untuk brand Anda. Masalahnya, Anda tidak tahu harus dimulai dari mana untuk mendapatkan nama itu.

Memang, nama yang kita berikan untuk bisnis kita itulah yang akan terus langgeng, entah satu, sepuluh tahun dan seterusnya. Jadi, jika Anda ingin memastikan sudah memilih nama yang paling baik, berikut ini cara yang disarankan www.collectivemill.com untuk dicoba:

1/ Bikin Draft Kasar
Langkah pertama ini adalah yang paling fun. Bikinlah di spreadsheet dan tulislah sebanyak mungkin nama yang mungkin untuk bisnis Anda. Tulis saja semua nama yang bisa Anda pikirkan, yang tentu berhubungan dengan bisnis dan brand Anda. Bila Anda ingin memulai website yang fokus pada baking, Anda bisa memulai mencari nama yang berhubungan dengan dessert, pastries, atau resep. Begitu Anda sudah berhasil mendapatkan banyak ide nama, maka Anda bisa mulai menyeleksi dengan membuang nama-nama yang paling tidak Anda sukai.

2/ Gunakan Thesaurus
Ide masih buntu? Buka saja thesaurus. Di sana Anda akan banyak menemukan kata-kata yang berhubungan dengan bisnis Anda. Untuk website baking Anda misalnya, di thesaurus Anda akan menemukan kata-kata yang bahkan belum pernah Anda dengar sebelumnya. Untuk bahasa Inggris, thesaurus.com bisa Anda buka. Kamus thesaurus bahsa Indonesia juga sudah ada, lho.

3/ Keep it Simple
Hindarilah memberi nama yang terlalu panjang dan complicated. Yang paling baik adalah yang paling gampang diingat. Paling baik kalau jumlah huruf dalam satu kata kurang dari 20 huruf, dan hindari menggunakan angka atau tanda baca. Pastikan juga namanya gampang diucapkan dan ditulis. Jadi, lihat lagi di daftar yang Anda sudah buat, bila ada yang terlalu panjang dan sulit untuk dituliskan kembali, coret saja.

4/ Ayo, Kreatif
Tentu saja Anda ingin membuat nama yang unik. Ketika nama perusahaan Anda itu unik, maka akan membantu lebih menonjol dibandingkan competitor, juga lebih memorable, yang akan membantu membangun brand Anda. I Love Cupcake merupakan nama yang unik untuk usaha cake Anda, meski mungkin saja akan membingungkan bila digunakan untuk nama blog. Jadi, make sure nama yang sudah Anda pilih itu selain unik juga memiliki relasi dengan brand.

5/ Hindari Pengejaan Yang Tidak Biasa
Langkah selanjutnya adalah eliminasi kata-kata yang sudah Anda ciptakan sendiri. Misalnya, Anda ingin menggunakan “kupcake” daripada cupcake karena kata cupcake sudah digunakan oleh begitu banyak orang. Tapi, problemnya, menggunakan kupcake berpotensi membuat bisnis Anda sulit ditemukan orang. Karena, ketika ada orang mendengar kelezatan cupcake Anda lewat mulut ke mulut, maka ia akan menggoogling dengan menggunakan kata cupcake, bukan?

6/ Pastikan Nama Itu Masih Available
Ketika Anda sudah menciutkan kemungkinan nama-nama, maka Anda akan semakin dekat dengan nama terpilih. Nah, inilah saatnya Anda mengecek apakah nama itu masih available. Karena, di luar sana sudah ada begitu banyak nama yang sudah menjadi trademark dan didaftarkan patennya. Jangan sampai, Anda sudah jatuh cinta setengah mati akan nama yang sudah Anda cari dnegan susah payah, ternyata sudah ada yang punya.

7/ Cari Masukan
Ini adalah langkah terakhir. Setelah pengecekan beres, carilah masukan dari teman-teman, anggota keluarga maupun rekan kerja. Ciutkan jadi tiga pilihan nama, dan mintalah pendapat mereka. Percayalah, masukan yang datang akan membuat Anda surprise. Anda mungkin akan mendapatkan nama terbaik utnuk brand Anda atau bisa jadi, masukan justru membuat Anda harus mundur lagi ke langkah pertama.

Namun, bila sudah ada nama yang terpilih, pastikan Anda mengecek lagi apakah nama itu relate dengan brand Anda, mudah diingat, sulit diucapkan atau terlalu mirip dengan brand lain. (f)

Baca Juga:
Memberi Nama Perusahaan
Tantangan Perusahaan Keluarga di Era Bisnis Modern
 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article