Inovasi Produk

4 Tip Mudah Membuat Kain Shibori Sendiri

oleh Yoseptin Pratiwi


Foto: Dok. Bank Commonwealth
 
Kain shibori saat ini banyak digunakan dalam berbagai model busana siap pakai berdesain modern oleh produsen busana di tanah air. Teknik pembuatan dan pewarnaan tie dye dari Jepang ini sebelumnya banyak diaplikasikan pada kimono.
 
Sebetulnya, shibori merupakan adaptasi dari teknik tie dye, seni tekstil yang tumbuh pada akhir dekade 60-an sebagai bagian dari gaya hidup hippie di Amerika. Teknik menghias kain ini bisa didapat dengan cara mengikat, melipat, memelintir dan menekan kain. Jenis peralatan yang digunakan untuk mengikat kain akan menghasilkan pola hias yang berbeda-beda.
 
Arashi shibori misalnya, adalah shibori berbentuk garis-garis yang dihasilkan dengan menggunakan paralon. Caranya, kain dililitkan di sekeliling paralon, diikat kencang dengan benang dan didorong hingga berkerut sebelum dicelupkan ke pewarna.
 
Sementara, kumo shibori adalah jenis yang paling popular. Berbentuk pola hias mirip sarang laba-laba, kumo shibori dibuat dengan mengikat bagian-bagian tertentu pada kain secara halus dan merata. 
 
Dalam rangka peringatan Hari Kartini, pada Kamis (19/4), Bank Commonwealth mengadakan Pelatihan Keterampilan Tie Dye Shibori untuk ibu-ibu PKK di Kantor Walikota Jakarta Selatan. 
 
“Kami sangat senang dapat diberikan kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan baru dengan ibu-ibu PKK di daerah Jakarta Selatan. kami berharap keterampilan baru ini dapat menciptakan peluang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baru bagi mereka,” Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati di hadapan 100 anggota PKK Jakarta Selatan.
 
Bila Anda tertarik untuk mencoba membuat shibori, berikut ini 4 langkah yang perlu diperhatikan:
 
1/  Shibori bisa menggunakan peralatan yang sederhana dan bisa ditemukan di rumah seperti kelereng, jepitan baju, karet gelang, juga paralon.
 
2/ gunakan kain katun karena bisa menyerap warna dengan baik.
 
3/ Pilih cat bermerek Dylon yang bisa dibeli di marketplace.
 
4/ Semua hasil sangat beragam dan unik tergantung kreatifitas masing-masing. (f)

Baca Juga:

Eksplorasi Kain Tenun Baduy



 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article