Inovasi Produk

5 Tip tentang Facebook Live yang Perlu Diketahui Pemilik Usaha untuk Kemajuan Bisnis

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Pexels


Mulai dari teks, gambar, video hingga live streaming, kini pebisnis bisa memanfaatkan semuanya untuk mempromosikan produknya, termasuk membangun engagement dengan konsumen dengan lebih cepat dan efektif. Termasuk menggunakan Facebook Live untuk pengembangan bisnis. 

Tak dipungkiri, saat ini live video streaming merupakan salah satu konten sosial media yang paling berkembang, marak digunakan brand-brand besar untuk mempromosikan produk mereka. Mengapa? Ada banyak alasannya, yang paling utama adalah live video streaming bisa memberikan konten yang unik yang sangat identik dengan sebuah brand.

Selain itu, strategi ini juga bisa menekan biaya promosi, terutama dalam penggunaan Live Facebook karena cukup dengan ponsel, brand bisa membuat kontent dengan pendekatan live-action, tanpa edit. Tapi bukan berarti konten yang Anda unggah tanpa rencana apapun, untuk mendapatkan banyak perhatian pilihlah konten yang benar-benar ingin ditonton pemirsa Anda.

Riset yang dilakukan Livestream menemukan bahwa pengguna internet 81% lebih banyak mengakses live streaming pada tahun 2016, ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Ini artinya, di luar sana, pasar Anda kemungkinan besar adalah mereka yang mengakses live streaming. Jadi, saatnya brand mengembangkan konten media sosial mereka dan menjadi lebih kreatif. Berikut lima hal yang bisa Anda eksplorasi dari Facebook Live untuk konten sebuah brand

1/ Melakukan Live bersama teman
Fitur ‘The Live With' memungkinkan Anda mengundang teman bergabung dalam siaran Live Anda, dimanapun Anda berada, dan melakukan siaran bersama. Selama siaran berlangsung, Anda juga bisa mengundang beberapa orang yang berbeda untuk bergabung dalam siaran. 

2/ Efek, filter dan doodles yang lucu
Saat Anda memulai Live melalui perangkat mobile, Anda juga bisa menggunakan topeng dan filter yang menyenangkan. Untuk melakukannya, Anda bisa mengklik ikon berbentuk tongkat di bagian pojok kiri bawah layar ponsel. Anda bahkan membuat gambar dalam video Live Anda - saat Anda sedang melakukan Live, dengan memilih tombol pena.

3/ Melakukan Live dari komputer
Jika ingin tampilan Live lebih stabil atau menggunakan eksternal hardware seperti kamera, dan software siaran langsung selama Live, gunakan komputer Anda untuk mulai Live. Untuk menggunakan opsi ini, klik tempat membuat postingan di bagian atas News Feed dan kemudian pilih ‘Live Video’. Anda juga bisa menambahkan deskripsi dan memilih audiens - siapa yang akan bisa melihat video Anda. 

4/ Membuat Live yang sifatnya sementara
Anda bisa memilih untuk Live hanya melalui Facebook Story. Dari perangkat mobile, Anda bisa klik ‘Tambah Story’ di bagian atas News Feed Anda dan pilih opsi ‘Live’. Setelah siaran, Anda bisa memilih untuk menyimpannya di Story selama 24 jam dan posting video tersebut di Timeline.

5/ Melakukan Live di dalam sebuah Group atau Acara
Live juga bisa dilakukan dalam sebuah Group atau Acara tertentu. Saat Anda bergabung di dalam sebuah Group atau bagian Acara, melalui desktop maupun perangkat mobile. Anda bisa memilih opsi untuk memposting Live dalam Group atau di Dinding Acara dan memulai siaran Live dengan mudah, yang hanya akan tersedia bagi anggota Group atau Acara tersebut. (f)

Baca Juga: 
CARA MENGATASI DAMPAK PERUBAHAN NEWS FEED FACEBOOK PADA DUNIA USAHA
FACEBOOK UNTUK ORANG TUA?
TRIK MEMASARKAN PRODUK DI FACEBOOK
 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article