Inovasi Produk

5 Tipe Olesan Roti dari Pakar Roti Dari Holland Bakery Chef Hadi Tuwendi

oleh Helen Christanti

Foto: Pixabay

Roti manis dan roti tawar selalu disukai karena berbagai alasan. Selain tekstur empuknya yang menggoda diet, tampilannya juga menggugah, dipengaruhi oleh permukaan roti yang mengilap, tampak segar dari oven!
 
Lain bahan olesan, lain pula kilau dan rasa yang dihasilkan.
 
Ahli roti senior, Hadi Tuwendi, yang juga chef consultant Holland Bakery, berbagi aneka jenis olesan roti yang umum digunakan.
 
Apa saja jenis-jenisnya?
 
1/ Kuning Telur dan Air
Gunakan 1 butir kuning telur + ½ sdm air. Aduk rata, saring. Karakter olesnya adalah kilau kemerahan layaknya roti tempo dulu.
 
Tahap penyaringan penting karena dapat menghindari roti dari motif bergaris halus ketika selesai dipanggang. Kuning telur yang terlalu kental juga mmebuat kulit roti menjadi kaku.
 
2/ Susu Evaporasi (evaporated milk)
Susu evaporasi memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga akan memberikan efek mengilap pada permukaan roti. Untuk memberikan tampilan yang lebih mengilap, oleskan kembali susu evaporasi saat roti baru saja di keluarkan dari oven. 
 
Pengolesan dilakukan saat roti dalam keadaan panas dan cukup tipis-tipis saja.
 
3/ Baker’s Shine
Produk siap pakai yang mudah ditemukan di toko bahan kue. Biasanya jenis yang cukup populer adalah ovex. Sejatinya ovex merupakan bubuk pengganti kuning telur yang akan memberikan tampilan mengilap pada roti dan kue kering.
 
4/ Egg Coating
Polesan roti juga bisa Anda buat dari campuran satu butir kuning telur, satu butir telur, 10 gram susu bubuk full cream, dan 25 gram susu cair. Setelah diaduk rata, saring. Bahan olesan ini tidak memberikan warna semerah polesan kuning telur dan air. Namun, penambahan susu bubuk di dalamnya memberikan aroma harum tambahan pada roti.
 
5/ Putih Telur dan Air
Tipe roti sehat biasanya tidak menggunakan olesan kuning telur dan lemak. Gunakan campuran putih telur dan sedikit air dan tambahkan biji-bijian di permukaan roti. (f)

Baca Juga:
Mengukir Inovasi Toko Roti
Geger Diskon 40 Persen di Holland Bakery. Apa Kaitannya dengan Purchasing Power?

 

Helen Christanti
-
Share This :

Trending

Related Article