Inovasi Produk

Bosan Bermain dengan Fondant, Ini 8 Tip Korean Buttercream yang Lagi Tren!

oleh Helen Christanti

Dok: @sugarworldacademy

Lebaran semakin dekat, tentunya pesanan kue untuk hantaran semakin banyak. Jika Anda ingin memberikan warna baru untuk pesanan kue Lebaran tahun ini, kenapa tidak mencoba dekorasi korean buttercream untuk kue kreasi Anda. Dekorasi cake dengan gaya sedang jadi andalan gerai cake dan toko cake online. Ciri khasnya adalah dekorasi bunga dari buttercream yang lebih terlihat ‘hidup’.

Ada banyak hal yang wajib diperhatikan dalam menghias cake dengan gaya ini. Jihee Im, pemilik Lucia Cake, didatangkan dari negeri ginseng oleh Natalia Ng, pemilik Bread Choice Bakery akan berbagi tip dengan para peminat cake decorating. Ini rahasianya bermain dengan Korean Buttercream.

1/ Buat buttercream dengan metode Italian meringue buttercream, yaitu putih telur dikocok bersama gula cair panas bersuhu 116° C agar strukturnya lebih kokoh. Gunakan mentega dengan komposisi minimum 80% lemak untuk mendapat efek transparan di setiap helai bunga.

2/ Menggunakan mentega tinggi lemak membuat warna buttercream kekuningan. Ada trik untuk mewarnainya: selalu gunakan warna cokelat atau hitam sebagai warna dasar sebelum ditambahkan dengan warna tertentu. Untuk membuat warna putih cukup tambahkan sedikit pewarna putih tanpa warna dasar.

3/ Pewarna berbasis air bisa digunakan namun perhatikan jumlahnya. Terlalu banyak akan membuat tekstur buttercream menjadi sulit dibentuk. Gunakan pewarna berbahan dasar gel untuk hasil terbaik.

4/ Buttercream yang sudah diwarnai sebaiknya segera digunakan. Proses penyimpanan yang terlalu lama akan mengubah warna buttercream. Untuk tone warna-warna tertentu biasanya akan berubah menjadi lebih gelap.

5/ Buat tampilan bunga lebih menarik dengan mengaplikasikan gradasi warna. Ambil sedikit buttercream berwarna yang sudah dibuat, campurkan dengan buttercream tanpa warna dengan rasio 1:2, aduk acak untuk menghasilkan gradasi warna.

6/ Gunakan buttercream berwarna dalam keadaan dingin namun juga tidak beku. Saat menghias, suhu tangan akan mengubah tekstur buttercream  menjadi lebih lembek. Simpan dalam lemari es ± 10 – 15 menit sebelum digunakan kembali.

7/ Pastikan bagian ujung spuit selalu bersih agar setiap helaiannya lebih rapi dan halus. Untuk menghasilkan helaian bunga yang tipis, jepit sedikit bagian ujung spuit dengan tang hingga lubangnya mengecil.

8/ Gunakan potongan baking paper sebagai alas saat membuat bunga berbentuk tipis seperti apple blossom atau cherry blossom. Simpan dalam lemari es hingga mengeras agar mudah dipindahkan saat menghias. (f)

Baca Juga: 
KISAH SUKSES: FITRI YUNITA PERMATASARI MENDULANG LABA DARI KUE KERING DAPUR TIPTOP
RESEP BARU UNTUK BISNIS KUE KERING LEBARAN ANDA
7 TIP PENYIMPANAN KUE KERING LEBARAN









 

 

Helen Christanti
-
Share This :

Trending

Related Article