Inovasi Produk

Cara Instagram Membantu Anda Membangun Brand

oleh Wiko Rahardjo
Instagram tumbuh bukan hanya sebagai platform berbagai foto dan video. Di Indonesia, Instagram juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis.

Menurut data Instagram, di Indonesia saat ini terdapat lebih dari 22 juta pengguna aktif Instagram per bulannya. Jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna terbesar Instagram di dunia yang angkanya mencapai 400juta.

Dari 22 juta pengguna aktif tersebut, para pemilik UKM ternyata yang paling berkembang. Instagram mencatat ada lebih dari 200 ribu pengiklan di Instagram dari Indonesia. Mayoritas dari mereka adalah pemlik UKM.
60% dari jumlah pengguna Instagram di Indonesia juga terhubung dengan akun-akun UKM. Mereka bertransaksi dan mempelajari produk atau layanan dari akun UKM tersebut. Dan, 75% dari mereka merasa terinspirasi melakukan sesuatu setelah melihat akun tersebut.

Melihat data-data tersebut, menurut Paul Webster, Brand Development Lead Instagram untuk wilayah Asia Pasifik, cukup membuktikan jika Instagram telah menjadi sarana yang tepat untuk membangun brand.  “Instagram telah dipilih jutaan pengguna di Indonesia sebagai etalase virtual mobile mereka, serta beriklan dan menemukan konsumen baru,” kata Paul saat kunjungannya ke Jakarta, Rabu (11/5).

Untuk terus mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia, Instagram telah memperbarui fitur-fitur kreatif untuk membangun brand. Antara lain, tampilan foto yang kini didukung oleh format landscape, video yang kini didukung oleh format landscape dan durasi diperpanjang hingga 60 detik, serta fitur Carousel yang kini sudah dilengkapi dengan tautan pada frame pertama.
Wiko Rahardjo
 
 

 

Wiko Rahardjo
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article