Inovasi Produk

Ende, Tas Etnik Lokal Favorit Ibu Iriana Joko Widodo

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: House of Ende

Lahir dari kegelisahannya melihat mayoritas wanita Indonesia yang menggilai tas merek luar negeri. Novita Dewi (45), pemilik House of Ende, tergerak untuk memproduksi tas bermerek Ende.

“Berjuta-juta wanita Indonesia keranjingan tas,  bahkan hingga harga ratusan juta, mereka rela berlomba membelinya. Sayangnya, tas Indonesia tidak ada yang seperti itu. Padahal, kita memiliki potensi budaya yang begitu besar, tapi tidak dimanfaatkan secara positif,” kata wanita kelahiran Solo, Jawa Tengah ini.

Menurut Novita, tas Ende mengangkat budaya Indonesia dalam bentuk desain ikon budaya Indonesia dan penggunaan kain Nusantara seperti tenun dan batik. Ia juga menggabungkan semua itu dengan teknologi terbaik dalam memproduksi tas berkualitas internasional.

Kini, tas kreasi House of Ende bermerek Ende, telah menjadi salah satu tas branded lokal berkualitas yang disukai berbagai kalangan dari artis seperti Olla Ramlan dan Marcella Zalianty, hingga Ibu Negara Iriana Joko Widodo.


Dok: House of Ende


Pada pertengahan April 2018, House of Ende memperkenalkan koleksi tas terbarunya dalam sebuah acara launching & fashion show bertajuk Ende Aje, yang mengangkat tema Betawi.  Menurut Novita, budaya Betawi memiliki keunikan yang beragam dan indah, seperti ondel-ondel, tari yapong, bunga kerak nasi, elang bondol, dan roti buaya, yang selalu ada di kehidupan sehari-hari masyarakat Betawi.

Acara yang berlangsung di House of Ende di Jalan Prapanca Raya Nomor 32, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno dan istri, Nur Asia Uno. Novita berharap kreasinya ini bisa menginspirasi warga Jakarta untuk lebih mencintai budaya dan produk Jakarta.

Bekerjasama dengan pemerintah DKI Jakarta, Novita juga menyelenggarakan pelatihan membuat aplikasi kulit dengan teknik payet untuk ibu-ibu di RPTRA Johar Berseri, Kelurahan Johar Baru, Jakarta Pusat. “Ini sebagai salah satu bentuk kepedulian House of Ende untuk membantu dan memberikan kesempatan para ibu agar mandiri dan bisa membantu perekonomian keluarga,” kata dia.

Tas Ende yang kini memiliki butik di Plasa Indonesia, lantai dasar ini memang memiliki berbagai kelebihan, selain kualitas bahan, model tas juga bisa customize, sesuai keinginan pelanggan. Proses pengerjaannya melibatkan teknik high quality craftsmanship dan an koleksinya up to date setiap enam bulan sekali dengan mengangkat budaya lokal Indonesia. (f)

Baca Juga
ANNE AVANTIE EKSPLORASI DESAIN BATIK KEKINIAN DI INDONESIA FASHION WEEK 2018
6 INSPIRASI GAYA KOTAK-KOTAK DARI STREET STYLE FASHION WEEK
PERHIASAN BERLIAN, MUTIARA DAN EMAS KEMBALI JADI TREN. INI INSPIRASI BISNIS DARI FASHION WEEK 2018

 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article