Inovasi Produk

Ingin Sukses di Bisnis Kuliner? Kuasai 4 Hal Ini

oleh Ayu Nainggolan

Dok. Pexels

Beberapa tahun belakangan ini pertumbuhan industri makanan dan minuman domestik sangat menjanjikan. Meski dinilai menguntungkan, jumlah pemain di bisnis makanan terus meningkat sehingga menciptakan daya saing bisnis yang tinggi. Untuk bisa bertahan di industri ini, seorang pebisnis kuliner harus memiliki strategi agar produk makanan atau minumannya tetap dilirik pembeli diantara banyaknya pilihan yang ada.
 
Berikut ini empat hal yang perlu dikuasai food entrepreneur saat berkreasi dengan produk baru.  

1/ Tampilan menarik
Makanan dengan penampilan unik dengan sendirinya akan mendorong konsumen untuk berbagi ceritanya ke sekeliling. Karenanya, presentasi (atau plating) menarik menjadi poin penting bila Anda ingin menciptakan sebuah makanan baru. Banyak chef menggunakan edible flower atau micro green sebagai pemanis. Penampilannya yang instagenic memuluskan sajian untuk menjadi viral di dunia maya. Jangan lupa, jika bisnis Anda banyak berada di food bazaar, perdalam ide untuk kemasan.

2/ Rasa Baru
Walau tampilan merajai segalanya, chef dan pebisnis makanan pemula yang idealis menempatkan rasa sebagai elemen penting. Seperti kecombrang yang sempat booming beberapa waktu lalu, kini rasa eksotisnya bahkan merambah hingga ke dessert. Rasa baru bisa datang dari Barat atau Asia. Dan yang banyak dilakukan, mencampurkan keduanya untuk sebuah rasa yang sama sekali baru. Generasi kini tidak segan mengeluarkan uang lebih banyak untuk sesuatu yang premium dan unik.

3/ Tekstur
Membanjirnya informasi mengenai makanan membuat generasi milenial lebih kritis dalam menilai sebuah hidangan. Tidak hanya soal rasa yang enak dan penampilan apik, mereka kini senang dimanjakan dengan permainan tekstur pada makanan. Permainan tekstur makanan menciptakan ‘emosi’ di dalam mulut dan sebuah pengalaman makan yang lebih. Pada plated dessert, kini seorang chef senang mencampurkan banyak tekstur, Dalam satu piring misalnya terdiri dari es krim, mousse, cake, saus, crumble, dan foam. Ketika disantap bersamaan, sensasinya lebih seru!

4/ Be the First, Not The Second
Sesuatu yang berbeda pasti selalu dicari. Untuk ini, pancing kreativitas Anda untuk berinovasi, bukan mengimitasi. Walau menjual sesuatu yang tengah hype akan membuat brand Anda lebih mudah bersuara di tengah tren, ketahuilah bahwa yang menempel di kepala konsumen seringkali adalah brand yang pertama membuatnya. Jika brand Anda memang berencana untuk menjual makanan yang semua orang sedang membuatnya, buat versi yang lebih baik atau berikan karakter unik yang baru. (f)

Baca juga:
Restoran Marco Padang: Mengenalkan Kuliner Padang Peranakan
Pentingnya Food Safety Bagi Pebisnis Kuliner
Untuk Para Pebisnis Kuliner, eBook Food Safety, Memastikan Makanan Aman Dikonsumsi

 

Ayu Nainggolan
-
Share This :

Trending

Related Article