Inovasi Produk

Ini Cara Menjaga Kualitas Rasa Kue Tradisional Yang Dikemas Modern

oleh Trifitria S. Nuragustina

Foto: dok. Tandurjkt
 
Kue basah miskin inovasi? Apresiasi terhadap rasa lokal, mengikis anggapan ini perlahan-lahan dan melahirkan pandangan baru bahwa yang paling istimewa ada di dekat kita. Kue-kue lokal kini tampil dalam kemasan berkonsep modern dan bernilai tambah.

Bagaimanapun, packaging tidak boleh menipu. Sekeren apa pun penampilan dan packaging, pembeli akan kecewa jika rasanya tidak prima. Menjaga kualitas kue harus jadi prioritas utama.

Nisa mencetak Tandur Mini Bites dalam takir daun pandan yang lebar dan tebal, walau daun ini tidak selalu mudah didapat. “Durian Medan menjadi base vla durian. Resep ketannya kuno, dari asisten rumah tangga saya. Tidak gampang bikin ketan yang tetap lembut, walau disimpan di suhu kulkas,” ujar Nisa. Setelah 5 kali uji coba, ia berbagi icip-icip ke sesama foodie hingga ke juri MasterChef Indonesia, Rinrin Marinka. Ia bangga menjual produk yang langka di pasaran anak muda dan belum ingin membuat pastry demi memperkuat image.

Lapis Ijo Pandan-Eddrian Tjhia juga menggunakan bahan asli agar konsumen bisa merasakan pekatnya aroma pandan dan warna suji. “Kue ini modifikasi dari kue lapis versi Mama yang berwarna merah, cokelat, dan putih. Langkah melapis kue dilakukannya hingga 18 kali. Manisnya saya kurangi untuk alasan kesehatan. Enggak sangka banyak yang suka!” ujar chef spesialis hidangan Bangka, ini.

Sirop gula merah Jongkong MamaWin terbuat dari gula aren Bangka dan disimpan dalam wadah terpisah (double lid). Karena nonpengawet, produknya sensitif terhadap suhu. Jika terjadi perubahan tekstur dan rasa karena kesalahan pengiriman, Erwin biasanya mengirimkan produk pengganti. Walau sudah punya staf pengolahan, sang ibu tetap menyupervisi mutu.

Kue Ijo - Fin’s Recipe bermodal resep kue lumpang milik kakek dan nenek dari Medan dan Aceh. Penyesuaian yang dilakukan terletak pada tekstur kue yang dibuat lebih lembut, ringan, dan tidak terlalu manis. “Pelanggan lama kue lumpang malah lebih senang!” ujar Kartika. Menurutnya, pembuatan kue basah perlu mengedepankan bahan-bahan segar untuk menghasilkan produk yang lezat.(f)

Baca Juga:

Kue Tradisional Lebih Kekinian Dengan Kemasan yang Atraktiff
Sedang Mendesain Kemasan Produk? Penuhi 5 Syarat Ini!


 

 

Trifitria S. Nuragustina
-
Share This :

Trending

Related Article