Inovasi Produk

Ini Kata Co-Founder Dagadu Jogja tentang Membuat Desain Kemasan yang Menarik

oleh Citra Narada Putri

Dok. Anna Sullivan / Unsplash
 
Di era sebar digital, desain kemasan adalah hal yang sangat penting sebagai media untuk menunjukkan barang yang akan dijual. Maklum, di era ini, tampilan visual menjadi faktor esensial apakah barang tersebut akan menarik minat para calon pembeli atau tidak. Lebih dari itu, kemasanlah yang diperkenalkan pertama kali pada konsumen dan dalam kemasan diletakkan citra produk maupun perusahaan tersebut.
 
“Kemasan yang menarik atau tidak, dapat memengaruhi buying decision konsumen dan berfungsi sebagai self-promotion dari produk itu sendiri. Semakin menarik kemasannya, semakin mudah dilirik konsumen,” tutur Gigih Budi Abadi, desainer grafis sekaligus praktisi branding yang salah satu pemilik Dagadu Jogja di acara WISE Women Yogyakarta pada 9 Mei lalu.
 
Untuk membuat kemasan yang baik, yang dapat menarik minat calon konsumen, ada beberapa syarat penting yang perlu dipenuhi.

Pertama, tulis nama dan identitas yang jelas.
 
“Jangan sampai membuat nama produk tidak terlihat karena hurufnya terlalu kecil atau jenis font membuatnya sulit dibaca dengan cepat. Pemilihan warna font dengan latar belakang juga harus kontras agar bisa terbaca jelas,” saran Gigih lagi.
 
Kedua, perhatikan bentuk dan struktur kemasan, karena bentuk kemasan juga bagian dari branding produk itu sendiri. Sehingga buatlah bentuk kemasan yang unik, misalnya kemasan berbentuk kacang untuk produk kacang kulit.
 
Ketiga, desain kemasan juga harus bisa menjadi pembeda antara produk satu dengan lainnya yang sejenis. Maka penting untuk membuat desain kemasan yang  unik, tapi juga tetap bisa menjelaskan secara baik tentang produk tersebut. (f)
 
Baca Juga :
WISE WOMEN JOGJA, PERLUNYA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN BISNIS SEJAK SEKARANG & PENTINGNYA DESAIN KEMASAN YANG MENJUAL
PUKAU CALON KONSUMEN DENGAN INSTAGRAM STORIES YANG SERU



 
 

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article