Inovasi Produk

Inilah Cara Pop Your Heart, Produsen Kartu Ucapan Bertahan di Tengah Perkembangan Teknologi Digital

oleh Desiyusman Mendrofa


Foto: IG @popyourheart


Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak yang cukup besar bagi masyarakat. Dampak ini tidak hanya berkaitan dengan gaya hidup, tapi juga bagi bisnis.  Tidak sedikit pengusaha baru yang muncul seiring dengan perkembangan terknologi. Namun tidak sedikit pula yang menyerah karena tidak mampu bersaing dan sulit menyesuaikan diri.

Pop Your Heart, produsen kartu ucapan tiga dimensi (3D) adalah salah satu yang merasakan dampaknya sebab kini ucapan selamat dalam bentuk digital lebih diminati orang dengan alasan lebih mudah dan cepat.
 
Tanya Larasati, Founder & Creative Director Pop Your Heart mengakui bahwa bisnis yang ia dirikan pada tahun 2013 itu sempat memiliki karyawan sebanyak 15 orang. Tapi kini tersisa 7 orang. Hal itu ia lakukan sebagai upayakan efisiensi, sekaligus untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia.
 
“Manajeman dan pengelolaan bisnis saya sesuaikan dengan kondisi saat ini. Saya mempertahankan karyawan yang memang mumpumi dalam mendesain kartu ucapan,” ujar Tanya dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.
 
Ia menambahkan, kebiasaan masyarakat untuk mengirim kartu ucapan atau surat-menyurat memang sudah berkurang bahkan cenderung punah. Kondisi ini pun ikut berpengaruh pada bisnisnya. Apalagi, produk yang dijual adalah kebutuhan sekunder, bukan kebutuhan utama.
 
Untuk itu Pop Your Heart melakukan beberapa inovasi. Selain mengurangi jumlah karyawan, agar tetap bertahan dan eksis, Pop Your Heart juga melakukan inovasi dengan cara mengikuti tren seperti mendesain kartu dengan karakter film yang sedang naik daun.
 
“Kami juga mendatangi beberapa sekolah memberikan pelatihan membuat kartu. Pada kesempatan itu kami meyakinkan mereka bahwa surat-menyurat masih belum punah dan akan terus ada,” ujarnya.
 
Selain kartu ucapan, Pop Your Heart juga memproduksi mahar untuk pernikahan yang dikombinasikan dengan uang. Serta dekorasi pesta ulang tahun, pernikahan yang semuanya terbuat dari kertas. 
 
Untuk diketahui, Pop Your Heart menjual kartu ucapan dengan sistem customize seharga minimal Rp 100 ribu hingga Rp 2 juta. Sedangkan untuk dekorasi tersedia dengan harga minimal adalah Rp 30 juta. (f)

Baca Juga:

9 Langkah Mulai Bisnis E-Commerce

Tip Pebisnis Kuliner: Cara Mudah Menyimpan Daging dan Sayuran Segar

Membaca Peluang Bisnis Menguntungkan di Apartemen

 

 

Desiyusman Mendrofa
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article