Inovasi Produk

Inovasi Terbaru dari Daniel Tumiwa, Beriklan Berbasis Ekonomi Berbagi

oleh Desiyusman Mendrofa

Foto: Dok. ADSvokat

Bersama tiga orang founders lain, Daniel Tumiwa mengembangkan ADSvokat, sebuah platform yang menghubungkan brand (ADSvertiser) dengan kaum muda pecinta brand (ADSvokator) khususnya mahasiswa, melalui inovasi medium iklan Out-of-Home (OOH) yang terintegrasi secara digital dan non-digital.
 
Daniel menjelaskan, melalui platform ini, kaum muda dapat berpartisipasi aktif dalam mempromosikan brand favoritnya di lingkungan sekitar. “Era media sosial membuat siapa saja bisa menjadi ambassador dari sebuah brand,” ujarnya dalam acara konferensi pers peluncuran ADSvokat di Jakarta, Selasa (6/3/2018).
 
Ia menambahkan bahwa selain para influencers yang kini tengah ramai dibicarakan, anak muda pun memiliki potensi besar untuk melakukan advokasi dari brand yang disukai.
 
“Ada sekitar 5,8 juta mahasiswa di seluruh Indonesia. Ini adalah pontesi yang besar untuk membantu brand mengkampanyekan produk atau program mereka,” tuturnya.  
 
ADSvokat menyediakan berbagai tantangan dalam bentuk brand campaign. Anak muda yang bersedia menjadi ADSvokator dari brand pilihannya, akan mengikuti beberapa tantangan yaitu menempelkan stiker brand pada mobil, motor, helm atau laptop miliknya. ADSvokator juga diwajibkan untuk melakukan selfie dan mengunggahnya di akun media sosial pribadi, layaknya seorang influencer atau selebgram.

“ADSvokat memberikan kesempatan anak muda untuk terhubung langsung dengan brand favoritnya, melakukan advokasi, dan mendapatkan uang saku tambahan dari kegiatan advokasi yang dilakukannya. Inovasi yang kami ciptakan ini menggabungkan cara konvensional (non-digital) dan cara modern yaitu dengan menggunakan aplikasi dan media sosial,” katanya.   
 
Heru Herlambang, Chief Technology Officer ADSvokat dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa ADSvokat menggunakan teknologi Android yang dilengkapi dengan tracking system yang memungkinkan ADSvokat untuk melakukan pengecekan lokasi dan durasi seorang ADSvokator menggunakan media tempel dia menempel stiker. Dengan tracking system, ADSvokat juga bisa menganalisis jumlah audience yang mungkin melihat stiker brand yang menjadi nantinya sebagai salah satu ukuran untuk menghitung besaran fee yang diterima oleh ADSvokator.      

Baca Juga:
Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi

“Ke depannya, kami akan menggunakan teknologi image recognition dan data analysis untuk optimasi campaign, serta mengukur brand awareness dan exposure dari sebuah campaign. Hal ini akan mempermudah brand untuk melihat lebih jauh produk mereka di mata ADSvokator,” jelasnya Heru.
 
Hingga kini, ADSvokat telah berkolaborasi dengan empat brand yaitu Clear, Tokopedia, BCA Sakuku, dan Telkomsel Loop. Respon mahasiswa pun cukup baik, dalam 2 minggu terakhir, sudah ada sebanyak 8000 stiker yang sudah diterima oleh mahasiswa, 4000 diantaranya sudah bergabung dalam ADSvokat dan 2000 mahasiswa sudah menjadi daily active users dari ADSvokat.
 
“ADSvokat hadir dengan sebuah platform yang menghormati para mahasiswa ini dan melibatkan mereka dalam proses distribusi, rekrutmen, dan mereka bisa menjadi brand ambassador untuk dirinya sendiri,” kata Daniel.
 
Cara kerja dalam ADSvokat cukup sederhana. Calon ADSvokator harus mengunduh aplikasi ADSvokat yang masih tersedia di Google Play Store. Kemudian melakukan registrasi, setelah diverifikasi, ADSvokator sudah bisa memiliki sendiri brand yang disukai serta media apa yang akan digunakan untuk menempel stiker dari brand. (f)  

Baca Juga:
4 Aplikasi ini Memudahkan Pebisnis UMKM

Tak Harus Punya Toko atau Resto, Jual Makanan Khas Rumahan Pakai Aplikasi Saja

 

Desiyusman Mendrofa
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article