Inovasi Produk

Intip 5 Inspirasi Warna Ungu, Temuan Sir William Henry Perkin, yang Menjadi Tren Warna 2018

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Pixabay
 
Akhir tahun lalu, Institut Warna Pantone yang rutin mengeluarkan tren warna setiap tahun, mengumumkan ultraviolet (ungu tua) sebagai tren warna di tahun 2018. Di dunia warna ungu bukan warna baru. Bahkan bangsawan Eropa sejak dahulu menggemari warna ungu, hingga warna ini selalu identik dengan kaum bangsawan.
 
Adalah Sir William Henry Perkin, yang menemukan warna ungu pada tahun 1856 secara tak sengaja ketika sedang bersih-bersih laboratorium usai melakukan eksperimen untuk membuat obat malaria. Residu larutan kimia yang ia gunakan ketika bercampur dengan alkohol meninggalkan noda warna ungu terang. Setelah menguji temuannya tersebut, ia kemudian membuat mauveine, pewarna ungu yang bisa dipakai untuk mewarnai kain dan hasilnya stabil serta tahan lama.
 
Di panggung fashion, warna ungu tua telah banyak digunakan oleh merek fashion internasional dan para selebritas. Tahun ini, selain warna ungu tua, ungu lebih muda seperti warna lavender juga dipercaya akan menjadi tren. Di luar itu masih ada warna-warna terang seperti kuning, oranye, pink, serta warna nude atau pastel, yang akan mewarnai dunia fashion, kecantikan, hingga desain interior.
 
Untuk inspirasi Anda, kami pilihkan 5 aplikasi warna ungu dari panggung fashion hingga interior.

1/ Bring it home
Warna ungu juga menjadi alternatif pilihan warna untuk desain interior seperti tampak pada gambar utama. Dari permainan warna ungu pada cat tembok, hingga menambahkannya pada elemen yang kecil-kecil seperti perangkat makan, bantal, hingga karpet. Warna ungu juga bisa tampil cantik untuk sofa dan meja makan. Untuk elemen di dalam kamar, warna ungu bisa ditambahkan pada tirai jendela.
 

Dok: Pexels
2/ White balance
Warna ungu tak akan pernah salah jika dipadukan dengan warna putih. Menampilkan kesan bersih sekaligus elegan. Sebuah gaun pengantin berwarna putih akan tampak cantik jika ditambah aksesori sebuah buket bunga berwarna ungu violet.
Dok: Nike
3/ Sporty Violet
Tak hanya untuk tampilan formal, warna ungu juga menjadi inspirasi brand yang mengeluarkan peralatan olahraga, seperti Nike. Melengkapi koleksinya tahun ini, Nike mengeluarkan warna ultra violet untuk pilihan sepatu olahraga  kekinian.
 

Dok: Pexels

4/ Accessories Madness
Tak banyak orang yang berani mengenakan pakaian berwarna ungu. Untuk menyiasati, sentuhan warna ungu bisa Anda berikan dalam bentuk aksesori seperti kalung, gelang atau cincin. Batu cincin berwarna ultraviolet terlihat cantik melingkar di jari.
 

Dok: Gucci Spring Collection 2018

5/ Color Block
Jangan takut memadukan warna ungu dengan warna-warna terang seperti pink atau oranye. Dari catwalk Gucci Spring Collection 2018, brand terkemuka dunia ini menunjukkan keindahan kolaborasi warna ungu dengan warna cerah lainnya. (f)
 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article