Inovasi Produk

Lipstick Ivan Gunawan, Dipakai Artis hingga Anak Presiden

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: @ivangunawan_cosmetics Instagram
 
Bisnis kosmetik salah satu yang dilirik banyak pesohor dunia untuk bisnis, seperti Victoria Beckham dengan label VB dan Tyra Bank dengan label Tyra Beauty. Bahkan, Kylie Jenner, adik Kim Kardashian, kian melambung namanya berkat produk lipstick dari brand Kylie Cosmetics miliknya yang habis terjual dalam hitungan detik, melalui online shop. Terbaru, ada Rihanna dengan label Fenty Beauty yang digadang-gadang berhasil mengalahkan dominasi brand Kylie Cosmetics. Fenty Beauty diprediksi berhasil meraup Rp1 trilyun, selama satu bulan setelah diluncurkan.
 
Di Indonesia, menurut laporan Beauty Market Survey (BMS) yang dikutip dari Nielsen dan Euro Monitor, secara keseluruhan, nilai industri kosmetik mencapai Rp 36 triliun pada 2016, dengan produk skin care menyumbang cukup besar sekitar 31,7%.
 
Sebagai sektor bisnis dengan pertumbuhan tercepaty, tak mengherankan jika bisnis kosmetik menjadi salah satu bisnis yang dilirik oleh para selebritas tanah air. Setahun belakangan ini, semakin banyak artis Indonesia yang mengeluarkan brand kosmetik. Terbaru adalah brand kosmetik milik perancang busana sekaligus presenter, Ivan Gunawan yang akrab disapa Igun.
 
Brand yang diambil dari namanya sendiri Ivan Gunawan Cosmetics ini menggandeng PT. Kosmetikatama Super Indah untuk memproduksi Ivan Gunawan Cosmetics. Sebelum meluncurkan produk kosmetik miliknya, Igun yang sudah 13 tahun berkecimpung di industri mode, hampir dua tahun ia mempelajari dan melakukan riset agar produk kosmetiknya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
 
Igun mengaku salah satu alasannya mengeluarkan brand kosmetik karena ia tidak hanya ingin mempercantik wanita Indonesia lewat busana, tapi juga melengkapinya dengan koleksi kosmetik. Alasan ini pula yang membuat Igun meluncurkan produk kosmetiknya dengan harga terjangkau. Sebuah lipstick Ivan Gunawan bisa didapat dengan harga Rp169.000.


Dok: @ivangunawan_cosmetics Instagram
 
Seri kosmetik pertama Ivan Gunawan Cosmetics yang bertajuk Under the Star diluncurkan pada November 2017. Rangkaian produknya terdiri dari lip cream matte, lipstick, eyebrow gel, eyeshadow, lip liner, shimmer, blush on dan mascara yang dikemas dalam tampilan kemasan dominasi warna hitam dan emas.
 
Untuk mempromosikan lini kosmetiknya, Igun menggandeng make-up artist ternama Bubah Alvian sebagai beauty expert-nya. Baru-baru ini ia juga bekerjasama dengan Kahiyang Ayu, putri presiden Joko Widodo, sebagai model produk Ivan Gunawan Cosmetics. Ini menunjukkan bahwa produk kosmetiknya bisa dipakai oleh konsumen langsung, karena memang produk ini dibuat lebih personal untuk para wanita, untuk kebutuhan sehari-hari.
 
Strategi ini tak lepas dari riset mendalam yang telah dilakukan Igun untuk melihat kebutuhan juga tren wanita masa kini. Misalnya produk shimmer, ia keluarkan karena melihat wanita kini jarang mengaplikasikan bedak bahkan alas bedak atau foundation, sehingga shimmer dapat menjadi solusi. Sedangkan Lip liner, dikeluarkan karena ia melihat tren make up di mana wanita ingin bibirnya tampak lebih besar dari ukuran aslinya.
 
Kosmetik yang mengusung slogan Effortless Beauty ini pun mendapat sambutan yang baik dari masyarakat, termasuk para selebritas. Artis seperti Ayu Ting Ting dan Nagita Slavina, mengulas bibir mereka dengan pilihan warna dari lipstick Ivan Gunawan. Tentu saja ini menjadi ajang promosi yang baik diawal peluncurannya.(f)

Baca Juga:
Strategi Marketing di Balik Lip Kit by Kylie Jenner
Kylie Jenner Baru Melahirkan. Ini Dampak Bagi Bisnis Kylie Cosmetic




 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article