Inovasi Produk

Makanan Filipina Siap Jadi Tren di 2018. Ide Bagi Pebisnis Resto!

oleh Trifitria S. Nuragustina
Kari gaya Filipina. (Foto: Pixabay)


Ide tak perlu berhenti di dunia kuliner. Begitu pula pada perkembangan menu yang ditemui di restoran-restoran urban.

Banyak dari ide ini berkiblat pada apa yang sedang dicari oleh publik dunia, diadaptasi ke selera demograf lokal. Bagaimanapun, produk perlu menemukan tempat mendaratnya di market yang pas.

Lupakan dulu thai food, japanese food, hingga korean food. Negara yang makanannya terasa asing dan jauh bisa saja tengah berada di radar selera global yang perlu ditanggapi oleh mereka yang berbisnis di areanya. Setelah Peru mencuat sebagai destinasi jajan dunia beberapa tahun belakangan ini dan menyebabkan kehadiran hidangan berpengaruh Peru di banyak tempat, kini gilirannya hidangan Filipina.

Hidangan Filipina punya cita rasa kecut yang sangat kentara. Tidak terlalu mengglobal, namun bisa menjadi plus point bagi pasaran urban yang senang disetir oleh rasa tak ingin ketinggalan tren.

Baum + Whiteman, sebuah jasa konsultan tren di bidang food and beverage, menyebutkan adanya kenaikan pencarian untuk kuliner Filipina pada mesin data Google sejak 2012. Pengaruh pasar didorong pula oleh mekarnya komunitas Filipina di AS dan pesatnya ekspansi restoran waralaba fast food Jollibee dari Filipina di AS.

Baca di sini, Seri Memahami Konsumen Millennial: Pengaruh Tren Dari Negara Maju

Di tahun 2016, majalah prestisius, Bon Apetit, juga menempatkan restoran Bad Saint yang menyajikan menu Filipina di Washington DC pada urutan kedua restoran anyar terbaik.

Keceenderungan diperkuat oleh pernyataan host televisi Anthony Bourdain. Menurutnya, lidah Amerika yang belum terbiasa dengan karakter kecut dan sedikit pahit khas Filipina, kini telah berubah. Traveling dan pertukaran informasi di kecepatan era digital membantu ini, sebutnya.

Anda, pebisnis restoran, bisa menjadikan ini momen sebagai kesempatan meraih proporsi kue di pasaran. Dalam kulinernya, adaptasi kecocokannya dengan selera konsumen, dan sebarkan melalui langkah marketing yang agresif. Sebuah kumpulan informasi yang rutin dan terencana akan membentuk sebuah iklan di kepala konsumen Anda. (f)

Baca juga:
Ikut Tren atau Jadi Trendsetter?
Salip Pesaing dengan Tren Kue Bentuk Mermaid!
 

 

Trifitria S. Nuragustina
-
Share This :

Trending

Related Article