Inovasi Produk

Membuat Gorengan Renyah Tanpa Tepung Roti, Ini Triknya

oleh Isyana Atiningmas

Foto: Pixabay


Mulai dari ayam goreng hingga camilan sesederhana pisang goreng, gorengan selalu menjadi favorit lidah masyarakat Indonesia. Tekstur crunchy dan rasanya yang gurih selalu dicari.

Untuk menghasilkan tekstur gorengan berkulit renyah, salah satu teknik memasak yang bisa digunakan adalah menggunakan tepung roti. Risoles, kroket, nugget, ebi fry, hanyalah sebagian sajian yang menggunakan balutan tepung roti.

Namun, kita juga bisa membuat gorengan renyah tanpa tepung roti. Yaitu, dengan menggunakan camilan kering sebagai penggantinya. Keripik kentang, kerupuk beras, biskuit gurih, cornflakes, kulit lumpia, adalah beberapa yang bisa digunakan.

Caranya mudah, cukup hancurkan menggunakan tangan atau food processor hingga agak halus. Kemudian, gunakan layaknya tepung roti. Camilan-camilan seperti ini lebih mudah dijumpai di supermarket. Karena sudah memiliki rasa, maka gorengan yang Anda buat menggunakan balutan remah camilan ini justru akan lebih bercita rasa.

Cara ini  juga digunakan oleh Chef Hori Ikuo, koki kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia. Saat membuat agemono (gorengan Jepang) jenis kawari-age, ia menggunakan bahan-bahan seperti biskuit, cornflakes, dan senbe (kerupuk beras jepang) untuk membalut udang, ayam, hingga sayuran. (f)

Baca Juga:
Pisang Goreng Nugget. Laris, Paling Dicari!
6 Tip Aman Memakai Minyak Saat Memasak
 

 

Isyana Atiningmas
-
Share This :

Trending

Related Article