Inovasi Produk

Minuman Kekinian Berani Hitam Legam! Dari Mana Asal Warnanya?

oleh Trifitria S. Nuragustina
Foto: Dok. Unsplash

Sejak beberapa tahun terakhir, tepatnya 2014, rona hitam pada makanan justru bukan warna yang menenggelamkan selera.
 
Di Indonesia, tren dipopulerkan oleh blackdog (black hot dog) Diyoji-Dudes of Gourmet di Pasar Santa yang fenomenal dan juga sudah dijual sejak 2012 oleh Blacklisted Coffee (dalam bentuk burger). Warna hitam kini mulai bisa ditemukan pada macaron, chiffon cake, mochi, xiao long bau, choux pastry, hingga cookies.
 
Di Jepang, tempat tren ini berawal, warna hitam banyak diaplikasikan untuk roti. Charcoal powder digunakan, terbuat dari arang bambu atau kayu yang dipanggang dalam oven. Jika itu terdengar berbahaya untuk dimakan, jangan khawatir: arang yang terbuat dari kelapa tidak berbahaya, dan berbeda dari mengkonsumsi makanan yang telah hangus atau dibakar.
 
Arang dianggap "aktif" karena muatan negatifnya, yang berarti ia diduga memiliki kapasitas untuk mengikat ion bermuatan positif (seperti bahan kimia) bersama-sama, mengeluarkannya dari tubuh, menurut Dr. Jeffrey Morrison, dokter praktik keluarga dan spesialis gizi bersertifikat. Bahan ini telah mendorong arang untuk disebut-sebut sebagai bahan detoks terbaru — faktanya, ini sudah lama digunakan di ruang UGD di luar negeri untuk menghentikan beberapa kasus keracunan akut atau overdosis.
 
"Arang bekerja pada dasarnya mengikat obat atau bahan kimia beracun di lambung sebelum dapat diserap oleh tubuh, memberikan efek seperti memompa perut tanpa harus memompa perut Anda," kata Julie Upton, MS, RD dari Appetite for Health.
 
Pewarna hitam artificial (food grade) sering menjadi substitusi karena lebih mudah didapat dan digunakan untuk hasil akhir superpekat. Atau, jika digunakan pada hidangan gurih, warna hitam bisa diperoleh dari tinta cumi.
 
Kini, Anda yang berniat melirik melibatkan charcoal powder pada produk Anda jadi lebih tahu latar belakang dari tren ini. Pengetahuan yang memberikan Anda dasar yang lebih baik untuk berkembang. (f)
 
Baca juga:
THE BETAWI SALAD, BISNIS KEREN MAKANAN SEHAT
LAHAN BESAR JADI TOUR GUIDE MAKANAN

 

Trifitria S. Nuragustina
-
Share This :

Trending

Related Article