Inovasi Produk

Orang Tua Milenial Pembeli Utama Produk Organik

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Pixabay

Sebuah survei dari Organic Trade Association (OTA) pada 2017 menemukan bahwa milenial telah menjadi konsumen utama produk-produk organik dan kemungkinan akan membeli lebih banyak ketika mereka menjadi orang tua. Faktanya, kini seperempat milenial saat ini berstatus orang tua, sedangkan sisanya akan memiliki anak dalam 15 tahun ke depan. Menurut Laura Batcha, CEO dan direktur eksekutif OTA, tidak mengherankan jika dalam 10 tahun ke depan akan ada pelonjakan konsumen organik baru. Mereka ini adalah para millenial yang telah menjadi orang tua.

Berkembangnya tren hidup sehat menjadi faktor pendorong utama meningkatnya konsumsi produk organik oleh para konsumen muda. Mereka membeli produk organik untuk keluarga karena mencari pilihan makanan sehat dan bergizi. Selain itu, ada anggapan dari orang tua muda ini bahwa membeli produk organik membuat mereka menjadi orang tua yang lebih baik.

Data Nielsen yang dirilis oleh OTA awal tahun lalu, menemukan bahwa dari 117 juta rumah tangga di Amerika, sekitar 82,3% adalah konsumen produk organik. Dengan pembelian terbanyak berasal dari rumah tangga generasi millenial. Tidak mengherankan jika penjualan produk organik di negeri Paman Sam ini melonjak 8,4% dengan total pendapatan mencapai $43 miliar tahun lalu.

Konsumen millenial memang lebih senang mengisi dapur mereka dengan segala hal yang organik, dari buah, salada, stroberi, hingga camilan. Makanan bayi organik menempati posisi teratas jenis produk yang dibeli para orang tua millenial, bahkan melebihi buah dan sayuran.

Di Indonesia, tren produk organik juga cenderung meningkat. Hal ini terlihat dari retailer besar yang menangkap celah pasar produk organik tersebut dengan menyediakan pilihan produk organik, hingga mendedikasikan satu bagian tokonya untuk memajang segala jenis produk organik. Begitu pula dengan e-commerce yang semakin giat bekerjasama dengan produsen produk-produk organik.

Sedangkan di Amerika Serikat, beberapa perusahaan besar bahkan telah mengakuisisi produk-produk organik seperti Campbell Soup yang menghabiskan $ 700 juta untuk membeli merek alami dan organik Pacific Foods of Oregon. Sedangkan General Mills mengakuisisi produsen produk alami dan organik Annie pada 2014 seharga $ 820 juta, dan Hormel mengambil merek organik Applegate Farms seharga $ 775 juta.

Melihat tren angka penjualan yang terus meningkat, OTA optimis dengan penjualan produk-produk organik. Kabar gembira bagi para pebisnis organik. (f)

Baca Juga:
TERTARIK MENJADI AGEN SAYUR ORGANIK?
FITHRI WIDANARTY - SELAI ORGANIK FITME
DISTRIBUTOR BERAS DAN SAYURAN ORGANIK
 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article