Inovasi Produk

Sam Bag, Tas Ikonik Kate Spade Yang Membuatnya Terkenal

oleh Yoseptin Pratiwi

Sam Bag
Foto-foto: katespade.com

Kematian desainer Kate Spade yang menggantung diri dengan scarf di apartemennya di New York, selasa pagi waktu setempat, membuat shock banyak orang. Desainer kelahiran 55 tahun lalu yang mendirikan brand Kate Spade New York, berhasil membuat produknya menjadi fashion item bagi wanita. Banyak juga di antaranya yang rela menabung demi memiliki tas Kate Spade, sebagai tas karya desainer pertama yang dimiliki.
 
Kate Spade memulai usahanya pada tahun 1993 dengan modal nekad. Meski memiliki background sebagai editor aksesori di majalah Mademoiselle, namun ia tidak memiliki ilmu sebagai desainer tas.
 
Dalam sebuah wawancara, Kate yang mendirikan usahanya bersama Andy Spade yang kemudian menjadi suaminya hingga akhir hayatnya, bercerita bahwa ia menggunting kertas-kertas putih lalu mrnempel-nempelnya sehingga membentuk desain tas yang ia ingikan. Sebelum akhirnya ia membawanya ke tukang pola.
 
Memakai gabungan namanya dengan suami, koleksi pertama Kate terdiri dari 6 desain tas tangan yang berbeda, dan ada satu yang menonjol: Sam.
 
Sam Bag terkenal sebagai tas berdesain boxy dan terbuat dari bahan nilon mengilap yang tahan air. Di sisi depan bagian atas tengah ditempelkan tag dengan tulisan warna putih Kate Spade New York. Dijual dengan harga berkisar antara 150-450 USD, Sam Bag menjadi tas yang diinginkan oleh kebanyakan wanita, termasuk remaja. Desain Kate dianggap menjembatani antara luxury brand dan high street brand.
 
Desain sophisticated dan terlihat dewasa, membuat tas ini juga dianggap sebagai simbol status. Sam Bag pun membuat Kate Spade New York dipandang dalam peta fashion dunia.
 
Namun ide Kate terus berkembang. Desain Kate Spade New York dikenal dengan bentuk-bentuk yang tidak biasa/nyeleneh seperti mesin ketik, mobil vintage atau dalmatian dan menggunakan warna yang colorful. Hal ini menyuntikan hal berbeda dari trend tahun 1990-an yaitu tas ekslusif yang berwarna hitam. Akhirnya, tas dan aksesori keluaran Kate Spade New York pun menjadi simbol status sebagai item yang didambakan wanita.
 
Setelah sukses ia genggam, pada tahun 2007, ia menjual usahanya kepada Neiman Marcus Group. Kate memilih menjauh untuk membesarkan anaknya, Frances Valentina yang lahir pada tahun 2005.
 
Setelah vakum sekian tahun, Kate kembali ke peredaran dengan mendirikan brand baru bernama Frances Valentina, seperti nama anak semata wayangnya. Namun, kemudian kabar mengejutkan itu pun datang: sang desainer memilih mengakhiri hidupnya.
 
Berikut ini mengembangan desain the Sam Bag dengan karakter kate Spade yang playful.


Thompson Street Embellised Sam



Thompson Street Sam


Watson Lane Sam


Daisy Lane Sam


Washington Square Sam



 
 
 
By The Pool Flamingo Sam


White Rock Road Mini Sam

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article