Inovasi Produk

Sedang Musim, Ini Yang Bisa Anda Buat Dengan Buah Mangga

oleh Isyana Atiningmas

Dok: Fotosearch

Beberapa waktu lalu kedai yang menjual olahan mangga dari Thailand sempat jadi fenomena. Di mana pun brand ini membuka gerainya, antrian pengunjung tak bisa dibendung. Setelah itu, mulai pula bermunculan toko-toko serupa yang mengolah potongan mangga yang rasanya manis ini menjadi hidangan dessert favorit.  

Menjelang akhir tahun adalah musimnya buah mangga. Di supermarket hingga gerobak pinggir jalan kini sedang getol-getolnya menjajakan buah mangga. Selain lezat dimakan begitu saja, banyak sajian yang bisa dibuat menggunakan buah ini. Bukan cuma makanan manis, sajian gurih pun juga lezat menggunakan campuran buah mangga.


Apa saja sih yang bisa dibuat menggunakan buah mangga? Ini beberapainspirasi untuk Anda: 

1/ Hidangan manis atau dessert.
Sudsah bukan rahasia lagi jika buah mangga ranum sangat lezat diolah menjadi kudapan manis atau dessert. Banyak macamnya, seperti pudding, mousse, panna cotta, cheesecake, mango sticky rice, dan yang jus mangga yang sedang populer. Untuk sajian manis seperti ini, jenis mangga yang cocok digunakan adalah mangga harum manis.

2/ Asinan
Kalau sedang iseng, atau ngobrol dengan teman, paling enak ngemil yang segar-segar. Salah satunya asinan dari mangga. Pilih mangga yang masih muda atau mengkal. Mangga indramayu cocok untuk diolah menjadi asinan. Selain asinan mangga juga lezat diolah menjadi manisan. 

3/ Sambal
Jangan ngaku orang Indonesia kalau enggak pernah mencoba sambal. Selain mencampurkan terasi atau kacang-kacangan ke dalam sambal, ada juga yang menambahkan buah-buahan ke dalam sambal. Sambal mangga merupakan sambal buah yang populer. Walau umumnya menggunakan mangga muda, ada juga yang gemar menggunakan mangga yang sudah matang. Aroma mangga kweni yang khas banyak disukai untuk membuat sambal.

4/ Saus mangga
Mungkin aneh jika mendengan masakan gurih menggunakan mangga. Tapi, kreativitas para juru masak jaman sekarang dapat menghadirakn kelezatan buah ini dalam sajian gurih. Ikan atau ayam goreng saus mangga, misalnya. Selain menghadirkan potongan buah mangga dalam saus, saus juga bisa dibuat menggunakan mangga yang telah dihaluskan.  Rasa manisnya serasi dengan bumbu gurih seperti dalam saus asam manis. 
Saus mangga juga bisa dikreasikan sebagai dressing pada salad. (f)

Baca Juga: 

PENTINGNYA BRANDING UNTUK KULINER LOKAL INDONESIA
RESEP SUKSES PEMILIK ROTI NOGAT MEMBUAT PRODUK KULINER VIRAL
 

 





 

 

Isyana Atiningmas
-
Share This :

Trending

Related Article