Inovasi Produk

Soto Direncanakan Jadi Kuliner Dunia, Saatnya Melirik Bisnis Makanan Berkuah Ini

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Femina

Peluang bisnis menarik untuk Anda yang sedang memikirkan ingin membuka usaha apa. Terutama jika passion Anda berada di bidang kuliner. Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) belakangan sedang menggalakkan soto sebagai salah satu kuliner asal Indonesia yang bisa dijual hingga ke mancanegara.
 
Pada April lalu, berbarengan dengan kegiatan Food Hotel Asia (FHA) di Singapura, dimana Bekraf membuka satu paviliun Indonesia, telah dilakukan pula validasi Soto Indonesia. Validasi ini bertujuan untuk menjadikan soto sejajar di dalam kuliner dunia sekaligus memiliki model bisnis. 
 
Melihat keseriusan pemerintah untuk mengembangkan soto sebagai salah satu kuliner asli Indonesia yang mendunia, rasanya ini juga bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan. Ditambah lagi, Soto memiliki banyak penggemar. Jika Anda tertarik membuka sebuah warung Soto berkelas internasional, perhatikan hal-hal berikut ini:
 
1/ Ragam Jenis Soto
Sebelum memutuskan untuk menjual soto, sekarang coba Anda sebutkan ada berapa banyak jenis soto di Indonesia? Ya, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan berkuah yang akrab disebut soto ini. Hanya saja, jenis kuah dan isian di dalamnya yang membuat soto tersebut berbeda. Soto Lamongan misalnya memiliki kuah bening kaya akan rasa kaldu ayam, di dalamnya terdapat suwiran daging ayam, soun, kol, dan tomat. Lain lagi dengan soto Betawi, yang terasa lebih padat dengan kuah santan dan isian berupa jeroan daging. Sedangkan Soto Padang, banyak disukai karena kuah dagingnya yang terasa gurih dengan isian potongan daging dan perkedel, serta kerupuk merah.
 
Tip: Agar kuah soto Anda terasa lezat, buat kuah kaldu dan tambahkan rempah-rempah seperti kemiri, jahe, kunyit, serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas. Untuk menghemat tenaga dan biaya, Anda bisa membuat racikan bumbu untuk kuahnya dalam jumlah besar untuk beberapa kali proses masak.
 
2/ Penyajian
Karena berkuah, umumnya soto disajikan dalam wadah mangkuk. Jika Anda serius dengan bisnis ini, maka memilih wadah yang unik bisa jadi salah satu cara agar bisnis soto Anda dilirik konsumen. Apalagi kini orang sangat suka berfoto dengan sesuatu yang unik. Nah…ayo temukan konsep mangkuk soto Anda!
 
Tip: Harus dihidangkan dalam kondisi panas, pastikan wadah atau tempat makan yang Anda gunakan tahan panas ya.
 
3/ Sesuaikan Rasa
Memiliki usaha di bidang makanan berarti menyajikan produk dan rasa untuk konsumen, Umumnya masyarakat di tiap daerah memiliki rasa yang berbeda-beda. Sebelum memulai, lakukan test pasar. Tidak ada salahnya menyesuaikan rasa dengan lidah konsumen Anda.
 
Tip: Jika berencana menjual pada target konsumen yang peduli kesihatan, soto yang sehat tanpa campuran santan dan jeroan bisa jadi pilihan.
 
4/ Ciptakan Tren
Tidak hanya makanan kekinian yang bisa menciptakan tren. Jika usaha Anda adalah kuliner nusantara, seperti soto, juga perlu membuat tren kekinian. Tuangkan ide kreatif Anda agar soto Anda berbeda dengan soto yang dijual di pedagang kaki lima. Untuk memudahkan pembeli, Anda juga bisa ikut layanan pesan antar dari ojek online.
 
Tip: Bermain dengan jam buka dan tutup warung bisa jadi alternatif. Misalnya buka pagai hari dan tawarkan soto sebagai alternatif sarapan. Atau buka hingga larut malam, untuk menyasar anak-anak muda yang hobi nongkrong. Cantumkan jam buka tutup, agar pelanggan tidak bingung.
 
5/ Beri Nama Unik
Setiap usaha pasti butuh nama untuk identitas brand. Nah, pilih nama yang unik untuk warung soto Anda. Masih ingat dengan Soto Gebrak yang muncul karena setiap kali sang peramu soto selesai membuat soto ia akan menggebrakan kecap, sebagai tanda sotonya sudah siap disajikan? Strategi seperti ini bisa menciptakan daya ingat pada konsumen. Jika suatu waktu ia ingin menikmati semangkuk soto hangat, ia akan kembali ke kedai Anda.
 
Selamat memulai usaha! (f)

Baca Juga: 
5 Resep Soto Wajib Coba
7 MAKANAN FAVORIT INI BERBAHAN DASAR MIE INSTANT, INSPIRASI BISNIS KEKINIAN!
PENTINGNYA VISUAL MAKANAN DALAM BISNIS KULINER MENURUT STEFANIE KURNIADI, PEMILIK WARUNK UPNORMAL





 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article