Inovasi Produk

Tak Harus Punya Toko atau Resto, Jual Makanan Khas Rumahan Pakai Aplikasi Saja

oleh Desiyusman Mendrofa

Foto: Pexels

Bagi sebagian besar orang Indonsia, masakan yang paling enak menurut mereka adalah masakan rumah. Hal ini pula yang dimanfaatkan oleh Keaseng Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo dengan menghadirkan sebuah aplikasi bernama Madhang. Aplikasi ini merupakan aplikasi jual atau beli masakan khas rumahan, terutama masakan khas Indonesia.

Kaesang mengungkapkan bahwa siapa saja boleh bergabung menjadi mitra di Madhang dan menjual berbagai jenis makanan dan minuman sehingga memperoleh tambahan pendapatan untuk keluarga.
 
“Aplikasi Madhang ini diciptakan untuk mencari makanan yang sangat spesial yang berasal dari setiap keluarga di Indonesia,” kata Kaesang dalam acara peluncuruan aplikasi Madhang di Yogyakarta, pertengahan Januari 2018.
 
Ia menambahkan, semakin banyak mitra yang bergabung, maka masyarakat selaku pengguna atau konsumen memiliki lebih banyak pilihan apabila ingin membeli makanan melalui Madhang.
 
Menjadi pengguna sekaligus sebagai mitra di Madhang memiliki manfaat yang besar. Bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan sampingan atau sumber pendapatan tetap asal konsisten.  
 
Aplikasi yang dapat diunduh di PlayStore untuk platform android atau AppStore di iOS ini hampir sama dengan aplikasi pemesanan makanan berbasis online pada umumnya, hanya saja mitra sebagai penyedia makanan tidak harus memiliki toko atau restoran. Dapur rumah pun bisa dijadikan tempat untuk jualan.

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana, setelah mengunduh aplikasi, lakukan registrasi. Kemudian isi data diri di form yang telah tersedia. Anda diwajibkan untuk mengisi kolom profil disertai dengan nomor kartu tanda penduduk (KTP) sebagai syarat untuk verifikasi.
 
Jika Anda ingin menjadi mitra penyedia makanan, Anda perlu mengisi lebih banyak data-data seperti jenis disertai foto makanan yang dijual, penjelasan tentang dagangan Anda, jam buka, dan kapasitas pesanan yang sanggup Anda sediakan. Untuk proses pengiriman makanan akan menggunakan jasa  salah satu ojek berbasis online
 
Kaesang mengungkapkan, menghadirkan Madhang yang berada di bawah naungan PT. Madhang Sak Indonesia ini merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat khususnya ibu rumah tangga.
 
“Mereka bisa jadi wirausaha dengan modal sederhana. Yang penting punya KTP, bisa masak, dan punya dapur sendiri,” tuturnya. (f)

Baca Juga:

4 Aplikasi ini Memudahkan Pebisnis UMKM

Blue Bird dan Mastercard Meluncurkan Aplikasi My Blue Bird

Logistik Berbasis Online, Solusi Tepat Mengirim Barang

 

Desiyusman Mendrofa
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article