Inovasi Produk

Tip Merawat Cangkir Porselen Selalu Indah

oleh Nuri Fajriati

Foto: Shutterstock
 
Bagi pemilik usaha kuliner, cangkir adalah aset penting. Cangkir-cangkir porselen cantik seperti Herend, Limoges, atau Quee’s Royal Porcelain bisa dijadikan properti pemotretan foto produk yang menawan. Namun, jangan lupa merawatnya.  Cangkir yang terawat keindahannya, akan semakin berharga seiring waktu.

Yuk, simak cara merawat cangkir dari Putu Dian Chandra Dewi yang baru saja menerbitkan buku My Cups Story dengan nama Kireinachan.

1/ Jangan mencuci cangkir pada mesin pencuci piring otomatis.

2/ Cuci menggunakan air hangat dan sabun lembut seperti sabun bayi, langsung setelah digunakan.

3/ Seka hingga kering menggunakan lap yang lembut sebelum disimpan.

4/ Letakkan dengan alas yang lembut dalam kotak khsusus atau berbaris rapi di lemari

5/ Untuk merawat label yang sudah pudar, gunakan baking soda dan spons yang lembut atau bisa juga memakai pasta gigi. Hindari menggunakan spons yang terlalu kasar agar tidak memudarkan warna dan pinggiran emasnya.

6/ Noda yang menempel pada cangkir bisa dihilangkan dengan merendamnya semalaman menggunakan susu hangat, kemudian bilas menggunakan sabun lembun dan air hangat

7/ Debu yang melekat terlalu lama bisa membuat cangkir kusam dan menurun keindahannya. Paling tidak seminggu sekali cangkir-cangkir dan tatakannya harus dimandikan. “Saya paling suka melihat cangkir ketika dicuci. Di dalam air mereka terlihat sangat berkilau dan lebih indah,” ujar Chandra.

8/ Minuman yang terlalu panas bisa menimbulkan keretakan dan noda pada cangkir. Untuk menghindari kerusakan pada cangkir karena minuman yang dituangkan terlalu panas, lebih baik menuangkan creamer atau susu terlebih dahulu untuk menetralkan kondisi cangkir. (f)

Baca Juga:
Foto-foto Serunya Masterclass Finansial dan Food Photography di Medan!
Cara Menciptakan Foto Makanan yang Menggoda



 

 

Nuri Fajriati
-
Share This :

Trending

Related Article