Inovasi Produk

Wanita Wirausaha Perlu Miliki Mind Set Creative Thinking

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Pixabay

Seorang pewirausaha mutlak memiliki kreativitas. Apa gunanya? Kreativitas itu diperlukan untuk mencari dan menemukan produk atau jasa yang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan yang sudah ada di pasaran.
 
Kreativitas, menurut praktisi industri kreatif, Yoris Sebastian, dalam buku Seri Kewirausahaan Femina: Ini Cara Bisnis Naik Kelas, juga penting untuk terus menggenjot perusahaan dalam menelurkan inovasi. “Sebuah usaha itu bukan hanya bertahan, tetapi juga mampu melaju di depan para pesaing usaha yang ada. Persaingan dalam dunia bisnis sekarang semakin ketat. Kalau pelaku bisnis tidak bisa menunjukkan hal yang berbeda dari yang lain, usahanya mungkin susah bertahan alias mati ,” ujarnya.
 
Kreativitas itu adalah habit, kebiasaan. Semua bisa dibuat kreatif, termasuk kehidupan di rumah. Berikut ini tip agar bisa berpikir kreatif:
 
1/ Jangan meremehkan ide-ide kecil. Memulai ide sebenarnya dari ide-ide kecil, nantinya kita akan terbiasa menciptakan ide yang besar. Ingat: Ide kecil pun bisa menjadi besar.
 
2/ Untuk menjadi tambah kreatif, kita wajib menantang diri sendiri untuk terus melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Bisa juga kita mengubah kebiasaan rutin. Tapi tentunya pengubahan ini dengan alasan yag baik.
 
3/ Setiap ada ide baru, usahakan untuk langsung menulisnya atau merekamnya.  Bikin tabungan ide. Ini sangat penting sekali, terutama bagi Anda yang sibuk.  Semua ide itu sebenarnya bagus, meski tidak semua ide bisa dijalankan sekarang. Jadi lebih baik kita simpan, baru kita kemudian dikaji mana yang realistis untuk dijalankan.
 
4/ Masih sulit jadi kreatif? Belajar, buka pikiran dan hati adalah kuncinya. Caranya: Bacalah buku, ikuti seminar, pelatihan atau workshop. Rajinlah bertanya dengan orang-orang yang sudah sukses.
 
5/ Optimistis. Tanpa perasaan optimis kita akan sulit membuat sesuatu yang kreatif, berbeda dari yang sudah ada sebelumnya.
 
6/ Ide kreatif harus ada alasan baik di belakangnya
 
7/ Ide kreatif untuk usaha itu bisa berupa banyak hal. Bukan hanya kreatif untuk membuat jenis produk atau jasa. Kreativitas juga untuk logo, service, memilih pasar dan sebagainya. Jika tak mampu sendiri, Anda bisa menggandeng teman yang memiliki kemampuan dan tentunya bisa sesuai bujet Anda. (f)
 
 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article