Inovasi Produk

Warna Ungu, Temuan Sir William Henry Perkin, Jadi Tren Warna 2018

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: Pexels

Dari tahun ke tahun, tren warna selalu berubah. Jika tahun lalu warna hijau sempat eksis mewarnai panggung fashion, kecantikan, hingga arsitektur dan interior, maka tahun ini warna tersebut akan berubah.
 
Awal tahun ini, perusahaan pemandu warna, Pantone, mengumumkan Color of the Year 2018 yakni Ultra Violet (ungu tua). Warna ungu tua diibaratkan menggambarkan sebuah kepandaian, orisinalitas, dan pemikiran visioner. Pemilihan warna ini terkait dengan mood tahun 2018, yang dinilai para ahli sebagai tahun yang penuh kompleksitas.

Warna ultra violet juga dianggap warna yang kuat. Warna ini menggabungkan ungu gelap dengan merah yang melambangkan gairah, sehingga dilambangkan sebagai warna yang optimis sekaligus memberdayakan.  
 
Selain itu, warna ungu tua juga identik dengan gaya mistik. Dimana orang yang melihat warna ini juga bisa menemukan kedamaian dan ketenangan dalam diri.
 
Dibalik warna ungu tua yang menjadi tren warna 2018 ini, ternyata ada sosok Sir William Henry Perkin, yang menemukan warna ini pada tahun 1856. Ahli kimia asal Inggris ini secara tak sengaja menemukan warna ungu ketika sedang bersih-bersih laboratorium usai melakukan eksperimen untuk membuat obat malaria.
 
Residu larutan kimia yang ia gunakan ketika bercampur dengan alkohol ternyata meninggalkan noda warna ungu terang. Ia lalu menguji warna tersebut  yang ternyata bisa digunakan sebagai pewarna pakaian yang stabil dan tahan lama.
 
Sir William Henry Perkin lalu mematenkan temuannya tersebut dan mengeluarkan produk pewarna pakaian berwarna ungu dengan nama mauveine. Sehingga warna ungu di masa itu menjadi tren fashion. Bahkan warna ungu ini menjadi favorit para aristokrat hingga mendapat predikat sebagai warna ‘mahal’. Setelah mauveine, kemudian bermunculan produk pewarna pakaian sintesis lainnya seperti yang ada saat ini.
 
Kini, penggunaan warna ungu pun tak terbatas pada fashion, tapi juga makeup hingga interior. Turunan warnanya pun beragam, dari yang ungu muda hingga ungu yang sangat pekat. Warna ungu muda yang dikenal dengan lavender, juga diprediksi akan marak di sepanjang tahun 2018 ini. (f)

Baca Juga:
5 Inspirasi Warna-Warna Berani Pada Kamar Mandi
Arella Big Size: Berani Warna Cerah
Inspirasi Gothic dari Label Mode Coach di New York Fashion Week untuk Tren Bisnis Fashion 2018

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article