Liputan

Investasikan Hasil Usaha Anda

oleh Wanita Wirausaha Femina
Sebagai pengusaha seringkali lupa untuk berinvestasi setelah mendapat laba. Kebanyakan mereka memutar kembali laba usaha ke sebagai modal. Padahal, risiko gagal selalu ada. Untuk itulah perlu adanya perencanaan keuangan yang matang sebagai strategi agar bisnis Anda tetap bertahan, meski di saat sulit.

“Pengusaha perlu punya perencaan keuangan karena untuk mencapai target return, disamping biaya hidup yang kian mahal karena inflasi,” ujar Nila Mayta Dwi R, Vice President Bank Mandiri dalam workshop wanita wirausaha femina Inovasi Tanpa Batas (24/05) di Hotel Meritus, Surabaya.

Ia menambahkan, untuk mengimbangi inflasi, pengusaha tidak disarankan memilih deposito atau logam mulia untuk investasi jangka pendek, kurang dari 2 tahun. Ia menyarankan berinvestasi ke reksadana, instrumen keuangan yang return-nya bisa mencapai 40%, mengalahkan inflasi.

“Jangan sekali-kali menggunakan modal usaha dari pinjaman kartu kredit. Sebaiknya ajukan pinjaman ke bank,” saran Nila. Untuk risiko rendah, Nila menyarankan untuk berinvestasi di reksadana pasar uang. Reksadana ini juga cocok untuk keperluan jangka pendek, di bawah 2 tahun.

Sedangkan untuk jangka menengah,di atas 3 tahun, investasi di reksadana pendapatan tetap dan tabungan rencana. Sedangkankan untuk jangka panjang, Nila memberikan pilihan instrumen di reksadana campuran, reksadana saham dan logam mulia.

Daria Rani Gumulya

Foto: DAR    

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article