Keuangan

10 Trik Agar Bisa Menabung

oleh Reynette Fausto


Foto: Pixabay
 

Masih kesulitan untuk menabung? Anda tidak sendirian. Better Money Habits Millennial Report dari Bank of America mencatat, 35% generasi milenial tidak menabung dan 17% mengatakan mereka telah menghambur-hamburkan uangnya.
 
Agar Anda bisa berhasil menyisihkan uang untuk tabungan, berikut 10 trik sederhana untuk menabung yang dihimpun dari saran-saran ahli keuangan berikut ini:
 
1/ Hitung semua pengeluaran kecil
Setiap hari beli kopi, tanpa terasa dalam seminggu Anda sudah menghabiskan uang ratusan ribu hanya untuk secangkir kopi di kafe favorit. Kurangi atau hilangkan kebiasaan ini. Tanpa disadari Anda sudah berhasil mengumpulkan uang cukup besar dalam waktu beberapa bulan.
 
2/ Tentukan peraturan 48 jam dan buang semua data nomor kartu kredit yang tersimpan
Godaan online shopping bisa menguras tabungan Anda dalam sekejap. “Coba tunggu dalam waktu 48 jam untuk membeli. Ini untuk memisahkan antara keinginan dan kebutuhan,” saran Chris Whitlow, CEO of workplace financial education company Edukate.  Selain itu jangan menyimpan data kartu kredit Anda di situs jual beli online, sebab kepraktisannya bisa mendorong impulse buying.
 
3/ Gunakan transportasi umum atau jalan kaki
Ini saran klasik, tapi jika memungkinkan untuk dilakukan, mengapa tidak dicoba? Selain berhemat, tubuh Anda juga jadi dipaksa untuk bergerak (olahraga). Memiliki mobil Anda harus mengeluarkan biaya ekstra seperti uang parkir, pajak, dan asuransinya lho.
 
4/ Gunakan financial planner app 
Aplikasi ini bisa terhubung langsung dengan akun bank Anda sehingga setiap transaksi bisa terpantau. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan seperti Finansialku, Money Lover: Expense Tracker, Budget Money Manager, Pengeluaran, dan Catatan Keuangan Harian.
 
5/ Pilih bank tanpa biaya
Anda bisa berhemat jika menggunakan bank yang meniadakan biaya administrasi, biaya tarik ATM dari bank lain, dan sebagainya.  
 
6/ Cek pengeluaran 
Coba buka-buka lagi lembar tagihan kartu kredit Anda dalam 6 bulan terakhir. Analisa mana pengeluaran yang sebetulnya tidak penting agar Anda tidak mengulanginya lagi.
 
7/ Catat setiap pengeluaran 
Mengetahui secara detail kemana larinya uang Anda akan membuat Anda lebih berhati-hati untuk setiap pengeluaran Anda.
 
8/ Patungan biaya antar atau makanan dengan teman-teman kantor
Berbagi makanan saat pesan di restoran atau patungan biaya antar pesan makanan lewat kurir online bisa membuat Anda sedikit berhemat. Hal ini belaku juga untuk belanja online.
 
9/ Jangan ada sisa
Jangan buang bahan makanan hari ini. Sisa potongan wortel, atau sayur lain masih bisa diolah untuk masakan esok harinya.
 
10/ Cabut kabel perangkat elektronik Anda saat sedang di rumah
Perangkat elektronik yang tidak terhubung aliran listrik cenderung tidak akan digunakan. Bahkan perangkat yang tersambung pada stop kontak tetap akan menyedot konsumsi listrik Anda. Ini artinya menghemat biaya pemakaian listrik. (f)
 
 
Baca Juga: 
BISNIS ANDA SEDANG TERKENA MASALAH? BERIKUT SARAN DARI PAKAR MANAJEMEN KRISIS
MENJUAL BAJU ATAU MAINAN BEKAS, BISA MENGHASILKAN JUTAAN RUPIAH!
3 KIAT MERINTIS BISNIS UNTUK MAHASISWA

 

Reynette Fausto
-
Share This :

Trending

Related Article