Keuangan

3 Tip Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak

oleh Faunda Liswijayanti
Foto: Pexels

Listrik merupakan salah satu kebutuhan bulanan yang wajib kita bayar biaya tagihannya setiap bulan. Kita pun harus bijak menggunakannya agar tidak menguras kantong. Apalagi jika Anda memiliki usaha yang dilakukan di rumah, di mana listrik rumah Anda akan menyatu dengan lstrik untuk usaha. Agar setiap bulan tagihannya tidak membengkak dan menggerogoti keuangan Anda, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menekan biaya tagihan lsitrik.
 
1/ Minimalisasi pemakaian AC
Jika ruang kerja Anda di rumah menggunakan AC, pastikan hanya menyala di saat Anda atau karyawan sudah mulai bekerja. Tidak ada salahnya jika Anda membuat aturan menyalakan AC misalnya, AC di ruang kerja hanya menyala dari pukul 10.00 hingga pukul 17.00. Buat ruangan kerja yang memiliki jendela dan pintu yang bias dibuka lebar. Apalagi jika bisnis Anda berkaitan dengan makanan, pastikan dapur memiliki sisi yang terbuka agar udara mengalir dengan baik. Selain ruangan jadi tidak terlalu pengap, kita juga bisa menghemat pemakaian listrik yang berujung kepada penghematan biaya.
 
2/ Hindari menggunakan alat elektronik di malam hari
Biaya pemakaian listrik tertinggi adalah antara pukul 18.00 – 22.00. Tidak heran, penggunaan listrik di jam-jam tersebut akan menyebabkan tagihan membengkak. Atur waktu bekerja hanya pada siang hari, manfaatkan malam hari sebagai waktu untuk beristirahat. 
 
3/ Pilih alat elektronik yang hemat listrik
Saat hendak membeli peralatan elektronik, misalnya televisi, pendingin ruangan, atau dispenser, pilihlah yang daya listriknya paling rendah. Memang, sih, produk hemat listrik ini cenderung lebih mahal. Tapi, anggaplah sebagai investasi agar tagihan listrik tidak membengkak. Jika produk elektronik kita boros listrik, maka tiap bulannya kita yang pusing membayar tagihan. (f)

Baca Juga: 
6 TIP AMAN MEMAKAI MINYAK SAAT MEMASAK
TIP MEMISAHKAN UANG PRIBADI DAN UANG USAHA
7 TIP HEMAT BENSIN SAAT MENGENDARAI MOBIL




 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article