Keuangan

7 Tip Hemat Bensin Saat Mengendarai Mobil

oleh Isyana Atiningmas

Foto: Pixabay

Jalanan macet? Hingga saat ini, kemacetan memang menjadi hantu bagi warga kota. Tapi, Anda juga jangan diam saja dan pasrah menerima kenyataan kemacetan. Sebagai wanita wirausaha yang hidup di kota, sepertinya lebih penting bagaimana caranya membuat pengeluaran bensin bisa lebih irit.

Selain anggaran kebutuhan pokok dan operasional rumah sehari-hari, biaya transportasi dan penggunaan bensin termasuk salah satu yang cukup besar dan perlu alokasi tersendiri.

Selain memilih menggunakan mobil yang hemat bahan bakar, cara mengendarai mobil juga mempengaruhi penggunaan jumlah bensin.  Jika ingin berhemat, praktikkan beberapa tip berikut:

1/ Pastikan mesin dalam kondisi prima. Kunci utama hemat bahan bakar ada pada mesin yang sehat. Untuk menjaga kesehatannya, selalu lakukan servis berkala sesuai buku manual.

2/ Jaga rasio putaran (RPM) mesin.  Salah satu cara yang bisa diakukan untuk menghemat bensin adalah dengan menjaga RPM pada angka di bawah 3000.

3/ Tidak mengerem dan akselerasi berlebihan.
Start pelan, tidak perlu terburu-buru menginjak pedal gas saat mobil mulai melaju. Begitu pula saat mengerem, jangan ngerem jika tidak perlu mengerem. Perhatikan momentum kendaraan. Jika lampu rem mobil di depan menyala, mulai lepas pedal gas. Biarkan mobil melambat dengan sendirinya. Jika mobil di depan sudah dekat, saatnya injak rem.

4/ Cek tekanan angin pada ban.
Tekanan angin yang kurang akan menyebabkan gesekan roda dengan jalan lebih besar, sehingga membuat konsumsi BMM lebih banyak. Pastikan tekanannya sesuai rekomendasi pabrik. Rekomendasi ini dapat dilihat pada buku manual dan atau tire placard (stiker yang biasanya terdapat pada sisi rangka pintu pengemudi).

5/ Matikan AC jika tidak diperlukan.
Kompresor AC juga membebani kerja mesin cukup besar, yang ujungnya mempengaruhi  konsumsi bensin. Atur suhu AC sesuai kebutuhan, naikkan temperaturnya jika suhu ruangan terlalu dingin. AC yang terlalu dingin, kompresor akan bekerja keras sehingga membebani mesin.

6/ Kurangi beban. Bobot kendaraan yang terlalu berat akan membebani kinerja mesin.  Jangan membawa barang dengan berat yang melebihi kapsitas. Lihat buku manual untuk mengecek kapasitasnya.

7/ Matikan mesin.
Para ibu yang menjemput anak pulang sekolah biasanya memiliki kebiasaan menunggu dalam mobil dalam keadaan mesin dan AC menyala.  Jika ingin irit bensin, ubah kebiasaan ini. Parkir mobil, matikan mesin, dan tunggu anak Anda di luar mobil. 

Mesin hidup dalam keadaan diam selama 3 menit mengonsumsi jumlah BBM yang sama dengan mengemudi sejauh 1 km pada kecepatan 50 km/jam.

Jika ingin lebih ekstrem, matikan kendaraan saat menunggu lampu merah, dan saat menunggu palang pintu kereta. Sebab, mematikan dan menyalakan mesin tidak akan merusak atau mengurangi kinerja mesin kendaraan. (f)

Baca Juga:
Kuota Internet Bisa Bikin Boros, Begini 5 Trik Hematnya!
Berkreasi Dengan Jok Mobil Bekas

 

Isyana Atiningmas
-
Share This :

Trending

Related Article