Keuangan

8 Tip Menata Keuangan untuk Modal Bisnis

oleh Faunda Liswijayanti
Dok: Pexels


Faktor dana sering menjadi momok yang cukup membuat pusing ketika kita ingin membangun sebuah bisnis. Idenya sudah matang, namun terbentur oleh modal yang tak kunjung datang. Jika Anda sudah memiliki rencana untuk membuat bisnis, yuk menata keuangan jauh-jauh hari agar modal bisnis Anda segera terkumpul.
 
1/  Membagi dana sebelum dan setelah berbisnis
Mengapa membagi dana ini sangat penting karena keuangan bisnis yangs ehat adalah yang memisahkan antara keuangan pribadi dengan usaha. Jangan sampai modal yang Anda kucurkan besar-besaran dan membuat kehidupan pribadi atau keluarga menjadi pincang. Pastikan Anda sudah memiliki dana yang cukup untuk kehidupan pribadi dan keluarga, minimal 6 bulan ke depan. Sehingga ketika terjadi kegagalan bisnis, Anda masih bisa bertahan hidup. 
 
2/ Susun Anggaran Usaha
Kenali berapa dana yang dimiliki dan maksimalkan dengan mengelolanya secara bijak. Buatlah daftar kebutuhan dan pisahkan daftar kebutuhan tersebut dari yang paling penting hingga yang bisa digantikan atau dihilangkan. Jangan lupa untuk menyusun juga anggaran dana cadangan.
 
3/ Tetapkan Prioritas
Belanjakan dengan nominal yang tepat untuk hal yang dianggap penting untuk kelangsungan bisnis. Biasanya pebisnis menginginkan semua serba sempurna. Berhati-hatilah dengan mimpi ini. Karena Anda juga harus berpikir logis dan bisa membedakan mana pembelanjaan yang harus dilakukan dan mana yang bisa dihapuskan.
 
4/ Kendali Anggaran
Hindari hal yang membuat overbudget. Misalnya membeli banyak bahan dan menumpuknya. Sebagai eprmulaan beli bahan sesuai kebutuhan produksi Anda. Bahan-bahan yang menarik dan harga miring bisa menggoda Anda untuk membelinya, tapi ingat semua bahan itu pada akhirnya hanya akan membebani keuangan bisnis jika tidak segera Anda olah dan menghasilkan produk yang bias dijual.
 
5/ Hati-hati dengan Hutang
Tak jarang orang mengajukan pinjaman untuk modal usaha. Konsekuensinya adalah bunga. Jangan sampai cicilan dari hutang pinjaman modal tersebut lebih tinggi dari ekmampuan Anda mendapatkan penghasilan dari bsinis yang dijalani.

6/ Pertimbangan mengajak mitra bisnis
Jika modal Anda tak kunjung cukup, mungkin Ada bisa mengajak teman, sahabat, atau anggota keluarga untuk menjadi penanam modal. Walaupun Ada mengenal mereka dengan baik, yang namanya urusan bisnis tetap harus dibuat jelas. JAdi, pastikan Anda membuat pembagian pengembalian modal dan keuntungan yang transparan dan disetujui kedua belah pihak. 
 
7/ Business Financial Planning
Miliki rencana keuangan bisnis dan buat rekening yang terpisah, agar Anda lebih mudah mengendalikannya. Jangan lupa untuk mencantumkan semua biaya yang mungkin akan membebani keuangan bisnis, termasuk soal pajak.

8/ Komitmen dan Disiplin
Modal bisnis ta akan terkumpul dengan cepat jika tidak ada komitmen dan disiplin diri dari Anda sendiri. Targetkan diri Anda dalam jangka waktu berapa lama lagi bisnis Anda akan berjalan. Jika satu tahun, maka mulailah menghitung modal yang dibutuhkan dan ebrapa daa yang harus Anda sisihkans etiap bulan selama satu tahun, agar modal usaha tercapai. Ingat prinsip, bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian.
(f)

Baca Juga: 
HANYA PUNYA MODAL MINIM? JANGAN TAKUT MEMULAI BISNIS
CARA PRAKTIS MENGUMPULKAN MODAL UNTUK MEMULAI BISNIS
INI 5 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN JIKA INGIN MODAL UNTUK USAHA CEPAT TERKUMPUL





 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article