Keuangan

Agar Keuangan Usaha Tetap Sehat, Ini 4 Tip yang Perlu Diketahui Pemilik Usaha

oleh Faunda Liswijayanti

Foto: Pexels

Ilmu pengelolaan keuangan tentu menjadi hal terpenting bagi bisnis. Hal tersebut terungkap dalam workshop Wise Women Entrepreneur Masterclass yang berlangsun di Denpasar, Bali pada Sabtu (1/12/2018). Dalam workshop ini, Weddy Irsan, Head of SME New Business Commonwealth Bank mengupas tentang WISE Financial Series. Weddy pun memaparkan beberapa hal yang perlu dicatat terkait dengan keuangan usaha seperti pencatatan transaksi, pembuatan anggaran untuk perencanaan, laporan Rugi Laba dan laporan Neraca.
 
Agar keuangan bisnis tetap berjalan baik berikut empat tip yang dibagikan oleh Weddy untuk Anda, wanita wirausaha:
 
1/ Pisahkan keuangan pribadi dan usaha, dengan cara rekening bank harus terpisah. Hutang kartu kredit sebisa mungkin dihindari dan kalaupun terpaksa harus berhutang maka harus dibayar lunas.
 
2/ Dana darurat. Bisnis yang ingin survive harus punya dana darurat minimal 6 kali sampai 12 kali dari pendapatan bulanan. Sehingga ketika terjadi sesuatu seperti bencana alam, bisnis tidak langsung bangkrut.
 
3/ Tabungan bulanan minimal 20 persen dari keuntungan.
 
4/ Modal usaha. Jangan takut mengambil tambahan modal usaha dari bank. Selama ini, memang banyak yang masih takut meminjam bank. Pinjaman di bank memang harus bayar bunga, ada denda kalau telat. Tetapi bila kita sudah menghitung dan mengkalkulasikan keuangan bisnis kita maka pinjaman bank menguntungkan. Selain ada pendampingan, kita tidak perlu merasa hutang budi seperti halnya ketika kita meminjam dari keluarga atau teman. (f)

Baca Juga: 
WISE WOMEN ENTREPRENEUR MASTERCLASS HADIR DI MAKASSAR AJAK WANWIR ATUR KEUANGAN BISNIS DAN MEMBUKA MINDSET BISNIS ONLINE
WIRAUSAHA WANITA BATAM: BELAJAR LITERASI KEUANGAN DI WISE WOMEN ENTERPRENUER MASTERCLASS
8 TIP MENATA KEUANGAN UNTUK MODAL BISNIS
 
 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article