Keuangan

Bisnis Anda Bangkrut? Lakukan Hal Ini

oleh Citra Narada Putri

Dok. Unsplash / Artem Bali

 

Salah satu hal yang paling ditakuti para pebisnis adalah kemungkinan mengalami kebangkrutan. Apalagi jika bisnis yang dibangun adalah hasil jerih payah Anda bersama suami yang menggunakan dana pribadi. Pasti ada kekhawatiran jika kebangkrutan tersebut akan berpengaruh pada pengeluaran domestik sehari-hari atau rencana keuangan jangka panjang. Mulai dari pusing memikirkan cicilan rumah yang masih panjang, hingga dana pendidikan anak yang belum dilunasi. Bahkan tak jarang, akan membuat kita merasa trauma untuk memulai investasi lagi dari nol.

Jika mengalami kebangkrutan bisnis, kiranya langkah finansial seperti apa yang bisa dilakukan, terutama yang berisiko kecil?

Memang tidak enak kalau harus berhadapan dengan kenyataan pahit bahwa bisnis kita bangkrut. Apalagi ini artinya bukan hanya pukulan finansial, tapi juga psikologis. Bisnis ini ada representasi identitas pemilik. Jadi, wajar kalau hati jadi ciut.

Menurut Ligwina Hananto, perencana keuangan independen, hal yang perlu Anda dan suami lakukan adalah menghitung dana darurat yang ada. Tabungan pribadi yang Anda maksud seharusnya bisa menjadi dana darurat yang cukup dan siap untuk menopang hidup keluarga, termasuk membayar cicilan. Coba hitung, dana darurat ini siap Anda pakai untuk hidup berapa bulan ke depan.
             
Jika sudah tenang karena ada uang cadangan untuk hidup selama sekian bulan ke depan, seharusnya Anda dan suami lebih lega. Mudah-mudahan ini bisa membantu membangun semangat lagi, membangun usaha baru. Ayo, bangkrut satu bisnis, tumbuhkan lagi satu bisnis baru! (f)

Baca Juga :
INI 5 HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN JIKA INGIN MODAL UNTUK USAHA CEPAT TERKUMPUL
UANG PINJAMAN SEBAGAI MODAL USAHA? MENGAPA TIDAK
10 TRIK AGAR BISA MENABUNG
 

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article