Keuangan

Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi

oleh Wiko Rahardjo
Menurut hasil survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2013, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih sekitar 21,8%. Meski mengalami pertumbuhan sekitar 6 % sejak survei terakhir di 2010, namun kondisi ini cukup membuktikan bahwa masyarakat Indonesia belum cukup melek keuangan. Karena itu OJK terus mendorong adanya peningkatan edukasi keuangan pada masyarakat.

Kabar baiknya, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, muncul beberapa aplikasi yang memudahkan masyarakat belajar keuangan. Mulai dari sekedar mengelola pengeluaran bulanan hingga perencanaan untuk investasi. Pilih yang tepat untuk Anda dan coba manfaatnya.
 
Commlife Financial Calculator
Aplikasi gratis milik Bank Commonwealth  ini patut dicoba untuk Anda yang sedang merencanakan keuangan, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Seperti merencanakan menikah, memiliki rumah, mempersiapkan dana pendidikan anak, membeli mobil, rencana liburan, hingga perencanaan keuangan untuk masa pensiun.

Karena berbentuk simulasi, aplikasi ini tidak menuntut Anda untuk menjadi nasabah Bank Commonwealth atau menjadi member terlebih dulu. Data diri yang harus diisi pun tak harus benar. Jadi tak perlu khawatir dengan pihak-pihak yang suka mencuri data bank.

Proses awal Anda akan diminta mengisi nama, usia, jenis, kelamin dan status pernikahan, serta jumlah anak yang dimiliki. Setelah itu Anda akan dibawa pada halaman pilihan jenis perencanaan. Pada pilihan pertama, Anda diajak untuk memahami kepribadian Anda dalam hal keuangan. Misal, apakah Anda termasuk orang yang takut atau berani mengambil risiko.

Aplikasi selanjutnya akan memberikan saran tentang tujuan investasi yang harus Anda ambil berdasarkan profil keuangan Anda. Misal, ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah dalam jangka waktu lima tahun, Anda harus mengisi berapa jumlah uang yang Anda butuhkan. Hasil yang akan Anda dapatkan adalah berupa perhitungan  jumlah uang yang harus Anda tabung setiap bulannya,

Simulasi ini dikemas dengan menarik, dengan tampilan grafis yang menyenangkan, dan langkah-langkah yang mudah dipahami. Cocok bagi pemula yang sama sekali belum memahami tentang keuangan.
Commlife Financial Calculator diluncurkan pada November 2015 dan bisa diunduh secara gratis melalui Android Market atau App Store milik apple.
 
Atur Uang
Aplikasi buatan anak negeri ini menawarkan kemudahan dalam penggunanya. Dengan fitur-fitur menarik seperti pengelolaan keuangan pribadi, keluarga, hingga organisasi, Atur Uang sepertinya cocok untuk Anda yang sedang membutuhkan pengelolaan keuangan.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Android Market. Anda yang ingin menggunakannya secara offline dan tidak membutuhkan koneksi internet bisa memilih Atur Uang Personal.
Setelah mendaftar, pada bagian dashboard Anda akan diminta untuk memasukkan anggaran yang Anda miliki serta pengeluaran-pengeluaran rutin per harinya. Aplikasi ini selanjutnya akan mengkalkulasikan presentase keuangan dalam bentuk Excel dan grafik yang bisa diunduh.
Dari grafik, Anda bisa mengetahui kondisi keuangan Anda serta kebutuhan-kebutuhan yang terlewati dan anggaran yang sia-sia. Atur Uang membagi kalkulasi per bulan sehingga Anda bisa membandingkan kondisi keuangan Anda setiap bulannya. Lewat aplikasi ini Anda juga bisa menghitung berapa uang yang harus Anda setelah menentukan jangka waktu yang diinginkan.
 
Toshl Finance.
Sedang digemari di Indonesia karena aplikasi ini lebih mirip permainan ketimbang simulasi pengelolaan uang. Saat masuk ke dalam aplikasi Anda akan bertemu animasi monster  yang lucu. Itu merupakan figure yang akan mengawal Anda dalam mengelola uang dengan Toshl.

Setelah Sign Up, Anda akan diminta untuk mengatur waktu pengingat atau reminder. Fitur ini fungsinya untuk memberikan notifikasi agar Anda memasukkan jumlah uang yang sudah Anda keluarkan setia harinya. Anda bisa memasukkan jumlah uang dan untuk apa uang tersebut dibelanjakan.

Jangan ragu untuk menuliskan secara rinci dan detil semua pengeluaran Anda. Misal, untuk membeli minuman merk tertentu atau biaya parkir selama 3 jam di mal. Karena rincian tersebut akan membuat Anda bisa mengetahui pengeluaran tak penting yang sebenarnya bisa Anda hindari.

Anda juga bisa mengatur budget sendiri untuk semua kebutuhan bulanan Anda. Ketika pengeluaran Anda sudah melebihi budget, Anda akan mendapatkan notifikasi. Ini bisa membuat Anda menahan keinginan Anda.
Sepanjang menggunakan aplikasi, Anda akan dipandu oleh animasi monster yang lucu yang membuat penggunaan aplikasi ini menyenangkan. Toshl Finance bisa diunduh secara gratis di Android Market, Windows Phone, dan App Store.
 
Stock Market Simulator.
Perdagangan saham sejak dulu sudah menjadi favorit orang untuk berinvetasi. Tak hanya bisa memberikan hasil yang tinggi, perdagangan saham juga menuntut orang untuk peka terhadap peristiwa yang sedang terjadi, baik nasional maupun di dunia internasional. Anda yang tertarik untuk mempelajarinya, rasanya harus mengunduh aplikasi ini.

Stock Market Simulator memang dibuat khusus untuk pemain saham pemula. Tujuannya adalah untuk mengasah intuisi yang  sangat penting dalam pengambilan keputusan dalam perdagangan saham.
Setelah mendaftar, Anda akan diberikan dana virtual sebesar $ 10.000. Dengan dana tersebut Anda diajak memasuki pasar saham. Pergerakan saham yang Anda lihat adalah pergerakan aktual dari yang sedang terjadi di pasar saham Amerika.

Kemudian Anda diminta untuk memilih jenis saham. Menariknya sebelum memutuskan untuk membeli, Anda bisa melihat profil dari perusahaan yang sahamnya ingin Anda beli. Anda juga bisa saling tukar informasi dengan pedagang lain.

Jadi bisa dikatakan, Stock Market Simulator ini merupakan wahana Anda untuk belajar saham sebelum terjun dan berinvestasi pada pasar saham sesungguhnya.
 
Cek Aja
Termasuk kategori one-stop service application. Karena melalui aplikasi ini Anda bisa melakukan banyak aktivitas keuangan dan perbankan. Mulai dari pembelian asuransi, pengajuan kredit, investasi, kredit kepemilikan rumah.

Sebagai sarana edukasi, aplikasi Cek Aja menyediakan fitur Kalkulator Kredit yang bisa digunakan untuk membuat simulasi kredit pengajuan modal usaha hingga kredit kepemilikan rumah atau KPR.

Cek Aja juga menyediakan informasi-informasi aktual seputar dunia perbankan, asuransi, dan investasi. Menariknya lagi, lewat aplikasi ini Anda bisa berkonsultasi dengan pakar perencana keuangan secara gratis baik via telepon maupun live chat.

Anda yang sedang membutuhkan asuransi, Cek Aja juga menyediakan produk asuransi dari perusahaan-perusahaan yang sudah menjadi partner. Anda bahkan akan dibantu menentukan jenis asuransi yang tepat untuk Anda.

Tak hanya itu, Anda yang masih ragu ketika ingin membeli produk perbankan. Cek Aja menyediakan fitur perbandingan. Dengan fitur ini Anda bisa membandingkan produk sejenis dari perusahaan yang berbeda sehingga lebih memudahkan Anda untuk mengambil keputusan.
Wiko Rahardjo

 

Wiko Rahardjo
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article