Keuangan

UMKM Gampang Bayar Pajak Lewat Aplikasi Klik46

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Pixabay


Membayar pajak memang kewajiban sebagai warga negara, termasuk bagi pemilik bisnis. Namun, bagi pelaku usaha kecil, membayar pajak menimbulkan kerumitan tersendiri. Banyak yang mengaku tidah tahu, bagaimana cara membayarnya, karena bagi pelaku usaha kecil, penghitungan keuangan usaha kadang masih tidak rapih.
 
Padahal, pajak menjadi sumber pemasukan utama negara ini. Dalam laporan tahun 2015, Bank Indonesia mencatat UMKM memiliki proporsi sebesar 99,99 persen dari total pelaku usaha di Indonesia atau sebanyak 56,54 juta unit usaha.  Karena itu, mengingat potensi yang begitu besar, pemerintah menerbitkan Peraturan pemerintah No. 46/2013 tentang Pajak Final UMKM. Dengan aturan ini, pelaku UMKM tidak perlu menghitung laba bersih terlebih dahulu, namun cukup membayar 1 persen dari total omzetnya.
 
Bagi Anda pemilik UMKM yang tengah pusing untuk menghitung pajak, saat ini ada aplikasi Klik46 yang diluncurkan oleh PT Dataklik Media, perusahaan penyedia jasa aplikasi.
 
“Aplikasi Klik46 ini dirancang untuk memberikan dua manfaat sekaligus, yakni menjadikan ponsel pintar sebagai mesin kasir online untuk pencatatan transaksi, sekaligus terintegrasi dengan penghitungan dan pembayaran PPh Final UMKM, serta pelaporan SPT Tahunan bagi wajib pajak UMKM,” ujar Leonard Tarigan, co-founder Klik46.
 
Aplikasi Klik46 ini bisa didapatkan secara gratis di Google Play Store, dan sementara ini hanya untuk android. Namun, untuk beberapa layanan, pengguna diwajibkan berlangganan.
 
Apa saja fungsinya?
1/ merekam dan mengontrol seluruh transaksi usaha.
2/mencetak struk apabila terhubung dengan printer 58mm lewat koneksi Bluetooth ponsel.
3/ melayani pembayaran PPh Final UMKM dan pelaporan SPT tahunan. (f)

Baca juga:
Pebisnis Bijak Bayar Pajak
Patuh Pajak Nyaman Berkarya

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article