Kewirausahaan

3 Siasat Agar Brand Fashion Tak Tergilas Pasar

oleh Faunda Liswijayanti

Dok: unsplash

Sebagai pemilik brand, desainer dituntut memiliki idealisme, namun jangan lupa untuk pintar membaca pasar. “Cari model yang mudah diterima pasar,” ungkap Sari N. Seputraowner sekaligus desainer brand Major Minor. Berikut ini tip agar produk Anda tidak tergilas pasar.
 
1/ Desainer masa kini tidak cukup hanya pintar mendesain karena ia perlu mengenali produk kompetitor. Mencari celah alternatif produk apa saja yang belum ada di pasar. “Jika produk di pasar hanya tersedia untuk kelas atas, coba masuk di segmen kelas menengah, namun dengan tetap memberikan kualitas bahan dan pengerjaan yang prima,” ungkap Sari.
 
2/ Satu hal penting dalam strategi penjualan produk adalah branding. Di era digital, media sosial menjadi alat utama untuk branding. Desainer mau tidak mau harus mulai akrab menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, atau Path untuk mempromosikan produknya. Media sosial juga menjadi sarana membangun engagement dengan customer. Percayalah, anak muda sekarang membeli pakaian hanya karena melihat foto di Instagram temannya. “Saat membeli, mereka bahkan tidak mencoba, hanya menunjukkan foto pakaian di Instagram,” jelas Sari.
 
3/ Sebuah brand yang sudah berkembang dan dikenal publik, tidak ada salahnya menjalin business partnership dengan pihak lain, seperti perusahaan. Dengan catatan, perusahaan tersebut harus bervisi sama dengan brand. Major Minor misalnya, menjalin kerja sama dengan Jakarta Fashion Week untuk kelangsungan bisnis di masa depan. (f)

Baca Juga: 
PARIS FASHION WEEK 2019 AKAN SEGERA BERAKHIR, INI CARA DESAINER MEMPREDIKSI TREND

 

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article