Kewirausahaan

3 Tanda Bahwa Anda Tidak Berjiwa Entrepreneur

oleh Yoseptin Pratiwi

Dok. Unsplash


Menjadi entrepreneur kini memang makin dilirik. Apalagi, internet bisa membuat siapapun bisa menjadi pebisnis sukses.
 
Namun, sebelum Anda menulis identitas sebagai entrepreneur di biodata Anda, satu hal yang harus Anda penuhi terlebih dahulu adalah Anda memang harus memiliki bisnis.
 
Cek, apakah Anda tipe begini:
 
1/ Anda sesungguhnya adalah freelancer
 
Bila Anda adalah seorang kreatif yang bekerja untuk diri sendiri. Intinya, freelancer adalah menjual karya mereka untuk mendapatkan penghasilan. Berbeda dengan freelancer, pebisnis tidak menjual waktu mereka untuk uang. Karena, bila begini, maka uang yang akan peroleh sejalan dengan waktu yang Anda habiskan. Semakin banyak waktu, maka uang semakin banyak didapat,
 
Sebetulnya, tujuan utama seorang freelancer adalah mereka menjadi bos untuk diri mereka sendiri, bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan besar. Dan menjadi freelancer, artinya Anda disewa.
 
2/ Karyawan Di Usaha Anda sendiri
 
Kita sudah biasa melihat bahwa pemilik resto, salon, kedai kopi, adalah mereka-mereka yang menciptakan pekerjaan bagi diri mereka sendiri. Inilah yang disebut oleh Michael Gerber dalam buku The E-Myth disebut ‘fakepreneur’. Ia menyebut mereka sebagai teknisi.
 
Penjelasannya, mereka sangat bagus di bidang masing-masing namun tidak bisa bekerja untuk orang lain dan ternyata juga tidak memiliki kompetensi untuk mengembangkan bisnisnya menjadi besar.
 
Seorang teknisi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja Di DALAM bisnis mereka, bukan bekerja UNTUK bisnis mereka.
 
3/ Anda Karyawan Yang Baik
 
Ini terjadi bila Anda bisa mudah mendapatkan pekerjaan, dan tergolong loyal bekerja di sebuah perusahaan. Memang, menjadi karyawan yang loyal dan memiliki karier yang bagus bukan hal salah. Juga bukan berarti Anda tidak bisa menjadi seorang pebisnis suatu saat kelak. Namun, orang-orang yang karena merasa nyaman dengan kondisi sudah memiliki gaji besar dan posisi yang aman, tidak ingin lagi mengejar mimpi, maka mereka tidak memiliki jiwa entrepreneur.
 
Karena, seorang pebisnis sejati mau meninggalkan gaji puluhan juta, termasuk fasilitas mobil kantor dan jam kerja yang sudah jelas. Dan hal ini sama sekali tidak berkaitan dengan kebanggaan akan kemapanan keuangan, namun lebih pada tujuan, visi dan misi serta kendali diri.
 
Entrepreneur tahu, bila ada dua pilihan apakah mengejar mimpi sendiri atau membantu orang lain mengejar mimpi mereka, maka ia memilih yang pertama.
 
Jadi, apakah Anda entrepreneur?
Entrepreneur sejati akan memberi nasehat pada Anda bahwa uang bukanlah segalanya. Semua itu tentang bagaimana menciptakan sistem yang bisa mengembangkan bisnis yang jauh lebih besar daripada mereka sendiri.
 
Memang pada satu titik, meraka adalah satu-satunya karyawan di perusahaan mereka sendiri, atau bahkan mungkin mereka harus bekerja part-time demi dapur mengebul ketika bisnis yang mereka rintis belum menghasilkan. Namun, entrepreneur yang sesungguhnya bisa membangun perusahaan yang tetap bisa menghasilkan revenue meski tanpa keberadaan mereka.
 
Seperti yang dikatakan Richard Branson, "seorang pebisnis bisa menghasilkan uang bahkan ketika mereka tidur.” (f)


Baca Juga :
BURNOUT, PENYAKIT YANG MENGHANTUI ENTREPRENEUR
CARA MENEMUKAN PASSION ANDA UNTUK MEMULAI BISNIS
BISNIS ANDA SEDANG TERKENA MASALAH? BERIKUT SARAN DARI PAKAR MANAJEMEN KRISIS
 

 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article