Kewirausahaan

Tanda-Tanda Bahwa Anda Siap Menjadi Pebisnis

oleh Yoseptin Pratiwi

Foto: Pixabay

Memilih menjadi pebinis artinya Anda harus siap menghadapi kondisi yang bisa berubah secara ektrem, termasuk ‘menanggung’ kehidupan orang lain, yaitu para karyawan Anda. Tapi, hidup terlalu singkat bila hanya dihabiskan dengan pertanyaan demi pertanyaan, apakah Anda bisa menjadi seornag pebisnis tangguh?

Setidaknya ada 7 hal berikut ini yang bisa menjadi pertanda bahwa Anda sudah siap untuk menjadi seorang pebisnis.
 
1/ Tidak Bisa Berhenti Memikirkan Sebuah Ide
Anda melihat ada persoalan dan menemukan ide untuk mengatasinya. Tahukah Anda bahwa intinya bisnis adalah bagaimana menemukan solusi atas persoalan yang ada sehingga jasa atau produk Anda dibutuhkan di sana. Anda pun sudah menemukan ide tersebut dan sudah mendiskusikan dengan keluarga atau teman-teman terdekat, namun Anda masih merasa masih menunggu waktu yang tepat untuk mengeksekusi ide tersebut, maka satu hal yang harus Anda sadari adalah tidak akan pernah ada waktu yang tepat. Just go for it.
 
2/ Lebih Peduli Terhadap Konsumen Ketimbang Keuntungan Semata
Anda memahami bahwa konsumen yang akan menghidupi bisnis Anda. Dan ketika dihadapkan pada situasi yang di satu sisi akan memberikan Anda penghasilan besar namun di sisi lain akan membuat konsumen tidak nyaman, dan Anda ternyata memilih berpihak pada kenyaman konsumen, itulah tanda bahwa Anda akan bisa menjadi wirausaha yang baik.
 
3/ Ada Keinginan Yang Belum Terpenuhi
Dalam hidup pasti ada saat-saat ketika kita bertanya pada diri sendiri, apakah kita sudah puas dengan apa yang kita kerjakan selama ini. Jika jawabannya belum, maka sudah saatnya kita refleksi, apakah hal yang membuat kita happy. Saat inilah waktu yang tepat untuk memenuhi keinginan tersebut.
 
4/ Bisa Melihat Kelemahan Bisnis Yang Sekarang
Pemikiran seperti ini membuktikan bahwa Anda mampu melihat bagaimana sebuah bisnis befungsi. Terlebih lagi, Anda memiliki ide tentang apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan memecahkan masalah. Itulah yang dilakukan CEO hebat.
 
5/ Bekerja Lebih Keras Ketimbang Yang Lain
Apa yang Anda lakukan ini sebetulnya menjadi pertanda bahwa Anda memiliki mentalitas pemilik yang dibutuhkan untuk kesuksesan. Anda berkomitmen untuk mengeksekusi atau melakukan sesuatu sendiri. Hal itulah yang biasa dilakukan oleh pewirausaha.

6/ Saat Bisnis Sampingan Sudah Mulai Membesar
Banyak orang memulai bisnis ketika masih berstatus sebagai karyawan. Namun, ketika bisnis sampingan Anda siap untuk lepas landas, maka sudah saatnya Anda harus memilih. Pilihan membesarkan usaha sendiri adalah hal yang paling masuk akal, bukan?

7/  Tidak Ada Ruang Untuk Naik Lagi
Di kantor, Anda adalah seorang bintang dan posisi jabatan yang terus naik. Ketika di kantor Anda sudah merasa tidak ada lagi ruang untuk terus naik atau ada hal-hal baru yang harus dipelajari, sadarilah bahwa Anda telah siap menghadapi tantangan berikutnya. (f)

Baca Juga:
Lakukan Ini Agar Tetap Produktif Di Masa Liburan Akhir Tahun
Merekrut Karyawan vs. Kerja Sendiri


 
 
 
 

 

Yoseptin Pratiwi
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article