Kewirausahaan

Bisnis Bukan Hanya Produk, Tapi Juga Soal Menjual

oleh Gilang Gumilang

Ilustrasi: Fotosearch

Menjadi seorang pebisnis dengan menciptakan produk adalah satu hal, tapi hal lainnya adalah bagaimana membuat produk tersebut bisa laku dijual. Banyak UKM menciptakan produk-produk hebat, misalnya UKM yang mengeluarkan produk makanan dalam kemasan, boleh jadi rasanya sangat enak, nikmat luar biasa. Tapi kemudian, produk makanan itu kurang laku di pasaran.

Kok bisa?
Mengapa itu terjadi? 

Dalam buku Selling: Easily and Smartly, Hingdranata Nikolay, mengatakan  bahwa menjual juga butuh kemampuan tersendiri. Dan pastikan:

# Anda memang mau menjual. Dan itu harus dijawab ‘Ya’, karena jika tidak, sayang sekali mengingat Andalah yang sangat tahu persis produk Anda tersebut. Jika kata ‘tidak’ tetap menjadi pilihan, serahkan urusan penjualan ke pihak lain dan konsentrasikan diri Anda pada membuat produk.

# Jika ada analisis kepribadian dan hasil tes atau wawancara mengenai siapa Anda, kemudian menyatakan bahwa Anda tidak bisa menjual dan mesti memilih profesi lain, buang saja hasil tes itu. Bisa atau tidaknya Anda menjual bukan ditentukan oleh orang lain.

# Karier dalam menjual bukan ditemukan tapi diciptakan. Komitmen dan kerja keras adalah kuncinya. Jadi menjual, menjual, dan menjualah lagi.

# Mulai juga fokus pada sifat, prilaku, dan kecenderungan yang dibutuhkan untuk menjadi sales profesional. Dan, terapkan pada diri Anda mulai dari sekarang.

# Menjual adalah skill yang bisa dipelajari dan dikuasai oleh siapa pun yang mau serta cukup tekun untuk belajar dan mengaplikasikannya. Jadi, bangun jam terbang Anda.

# Kelilingi diri Anda oleh para jagoan menjual. Tiru tingkah laku, prinsip, teknik, dan strategi mereka dalam menjual. Aplikasikan serta lakukan penyesuaian bila hal itu diperlukan.

# Menjual adalah untuk semua orang yang mau menjual dan mau mempelajari serta mengaplikasikan berbagai prinsip dan tekniknya.

Nah, sahabat Wanwir, pastikan Anda juga seorang penjual yang tangguh.

 

Gilang Gumilang
Penulis
Share This :

Trending

Related Article