Kewirausahaan

Cara Menjaga Laptop Supaya Tidak Mudah Rusak

oleh Wanita Wirausaha Femina

Foto: Pixabay

Ibarat soulmate, laptop pasti ikut ke mana kita pergi. Maklum, gunanya banyak, dari untuk browsing internet, mencari bahan untuk tugas kantor, dan menyimpan file punya sendiri.  Karena itu, perlu dijaga supaya bisa digunakan dalam jangka waktu lama dan data-data milik pribadi tetap terpelihara. Berikut cara-cara untuk menjaganya:

Jaga Jarak
Yap, jauhkan laptop dari benda elektronik, seperti TV, ponsel, dan radio—jarak minimal 20 cm. Pasalnya benda-benda ini mengeluarkan medan magnet yang berisiko merusak hard disk laptop. 

Nggak Asal Gratis
Hindari mengunduh program gratis di internet yang belum tentu jelas keamanannya. Nggak sedikit, tuh, program yang bervirus. Scan dulu program itu sebelum kita menginstalnya. 

Jangan Dipangku
Soalnya, lubang ventilasi akan tertutup saat kita memangkunya sehingga laptop jadi cepat panas. Laptop yang panas bakal makin sering hang, bahkan bisa mati total. Lagipula bikin kulit paha kita jadi kering dan mudah keriput!

Sayangi Layar
Layar laptop (LCD) riskan terhadap kerusakan. LCD yang pecah membuat tulisan dan gambarnya sulit terbaca. Biasakan membersihkan layar dengan kain halus saat laptop dimatikan dan jangan menyentuh layar dengan jari kita. Biaya memperbaiki layar lumayan mahal, tuh. 

Harus Stabil
Tegangan listrik yang berubah akan membuat laptop melambat dan korslet. Sebaiknya gunakan stabilizer jika kita memakai laptop sambil di-charge

Bersih Itu Perlu
Jangan browsing sambil minum, ah. Jika tumpah ke keyboard, kan, laptop bisa hang.  Untuk menghindari cipratan air, gunakan keyboard protector. Bila secara nggak sengaja air tumpah ke keyboard, segera matikan laptop, cabut kabel adaptor dan baterai, lalu keringkan dengan kain halus.  

Baterai Awet
Saat kita nggak memakai laptop dalam jangka waktu lama, waktu menyimpan cabut baterainya. Hal ini berguna agar baterai nggak cepat drop. Simpan baterainya di dalam kantung kain dan beri silica gel untuk menghindari lembap.(f)

Baca Juga:
UKM Juga Bisa Belajar dari Kegagalan Start-Up Teknologi Dunia
Inilah Cara Pop Your Heart, Produsen Kartu Ucapan Bertahan di Tengah Perkembangan Teknologi Digital
 

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article