Kewirausahaan

Cara Praktis Mengumpulkan Modal Untuk Memulai Bisnis

oleh Wanita Wirausaha Femina

Foto: Pexels
 
Hambatan terbesar kita dalam mencoba berbisnis adalah uang. Namun, berburu modal untuk merintis bisnis kecil-kecilan, tuh, sebenarnya nggak terlalu sulit. Ingin mencobanya? Cek sumber dana berikut ini...

Tabungan
Yap, kita kudu siap merelakan tabungan untuk modal bisnis. Bukan berarti kita mengurasnya sampai saldo rekening menjadi nol, ya. Akan lebih bijaksana jika kita tetap menyisakan sebagian tabungan sebagai dana cadangan sekadar berjaga-jaga.

Bayar di muka
Jika memang modal yang dimiliki terbatas, kita boleh meminta pembeli membayar setengah dari harga jual produk. Uangnya, kan, bisa menalangi bahan dasar produk. Setelah barang sampai di tangan pembeli, mereka tinggal melunasinya.

Andalkan relasi
Nggak ada yang lebih mengerti kita dibanding keluarga dan sahabat. So, yakinkan mereka bahwa produk kita bakal menguntungkan dan kita orang yang bisa dipercaya. Kalau perlu bikin perjanjian tertulis soal pengembalian uang pinjaman dalam jangka waktu tertentu—hitung-hitung mereka juga berinvestasi.

Dekati supplier
Biasanya supplier  mau bernegosiasi soal pembayaran barang yang kita beli dari mereka. Meski tetap berutang, toh, modal yang kita miliki bisa digunakan untuk keperluan produksi—bukan lagi membiayai pembelian bahan mentahnya. Begitu produk terjual, tinggal kita lunasi, deh.

Manfaatkan lahan gratis
Bisnis yang dimulai dari nol sebaiknya tidak terbebani biaya sewa tempat produksi. Makanya, dianjurkan banget memulainya menggunakan salah satu ruangan di dalam rumah kita sendiri, misalnya garasi atau gudang yang cukup luas. Begitu usaha kita maju, ya, jangan pelit menyewa tempat yang representatif, dong.

Pinjaman bank
Jika bisnis kita sudah stabil dan punya sejarah yang ok, jangan ragu meminjam uang dari bank demi memperbesar modal. Bank senang banget membantu entrepreneur baru dengan peluang usaha menjanjikan. Sst, nggak ada salahnya mempunyai kenalan seorang branch manager sejak sekarang biar membantu proses pinjaman kita nantinya. (f) 

Baca Juga:
Cara Menjadi Dropshipper, Bisnis Minim Modal
Mendapat Modal Usaha dari Fintech? Bisa. Ini Cara Memaksimalkannya

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article