Kewirausahaan

Cek Seberapa Besar Mental Wirausaha Anda Di Sini

oleh Citra Narada Putri

Dok. Irina / Unsplash

Kata siapa jadi wirausahawati hanya bermodalkan uang untuk membangun bisnis? Apalagi jika sebelumnya Anda menghabiskan waktu menjadi pegawai, diperlukan mentalitas yang kuat sebelum terjun ke dunia wirausaha karena menjadi pebisnis itu tidaklah mudah.
 
Menurut Rhenald Kasali, ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum menelurkan bisnis. Mulai dari modal yang cukup, sarana dan prasarana usaha, mencari karyawan yang tepat, lokasi yang strategis, menentukan segmentasi pasar hingga cara mendekati konsumen termasuk strategi promosinya.
 
“Di atas itu semua, mental sebagai seorang wirausaha menjadi urutan pertama. Mental itu bukan sekadar semangat dan nyali membuka usaha. Anda perlu mempertanyakan pada diri sendiri, sejauh apa kesiapan beralih profesi dari pegawai orang lain hingga menjadi wirausaha,” tutur Rhenald.
 
Untuk itu, inilah yang menurut Rhenald perlu dipersiapkan sebelum menjadi pengusaha:
 
1/ Siapkah dengan perubahan-perubahan yang akan dialami?
 
Misalnya harus bertanggung jawab sendiri pada semua pekerjaan, ketidakjelasan tanggal dan besarnya pemasukan (gaji), harus memutuskan segala keputusan dan mencari solusi sendiri, hingga rela tak lagi mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan, transportasi, atau bonus lembur walau Anda harus bekerja sampai 24 jam lamanya.
 
Jika Anda siap dengan perubahan-perubahan ini, maka mungkin Anda memang memiliki mental kuat sebagai wirausaha.
 
2/ Apakah sudah mempelajari bidang bisnis yang ingin ditekuni?
 
Ibarat melompat, Anda harus melatih otot-otot Anda dan mengukur ketinggiannya. Kalau jurangnya dalam dan tak ada payung cadangan, Anda bunuh diri namanya.
 
Ini juga berlaku di dunia bisnis. Anda mungkin bisa saja langsung terjun berbisnis di bidang tertentu tanpa tahu ilmunya, tapi dikhawatirkan bisnis Anda tak akan berkesinambungan. Maka, penting untuk melatih diri, mengenali lebih dalam medan bisnis yang Anda akan geluti. Semakin paham, tentunya akan semakin mahir Anda mengenal calon konsumen yang akan berpengaruh pada keuntungan dan berjalannya bisnis.
 
3/ Sejauh apa Anda akan konsisten?
 
Sudah adakah mantra yang akan Anda ucapkan untuk berwirausaha? Buatlah janji suci yang diucapkan berulan-ulang supaya tekad Anda menjadi kuat. Karena tentu saja, terjun ke dunia bisnis yang baru, Anda akan dihadapkan pada banyak tantangan yang menguji konsistensi Anda menggeluti bisnis. Anda perlu melatih diri untuk bagaimana memiliki mental yang kuat, kendatipun banyak hal yang harus dihadapi, karena kebanyakan bisnis yang tak berkesinambungan adalah bisnis yang tak kuat menghadapi perubahan dan tantangan.

Baca Juga :
12 LANGKAH MEMBANGUN BISNIS
DILEMA TETAP KERJA KANTORAN ATAU FOKUS BERBISNIS SAJA?
JAWAB 6 PERTANYAAN INI DULU SEBELUM MULAI BERWIRAUSAHA
 

 

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article