Kewirausahaan

Ingin Mengembangkan Usaha Di Bidang Pertanian? Gunakan Aplikasi Ini

oleh Citra Narada Putri


Dok. Thomas Gamstaetter from Unsplash


Menurut lansiran Kominfo dari sebuah riset di Australia menunjukkan bahwa internet dapat meningkatkan konektivitas untuk mengakses pengetahuan baik di tingkat lokal dan global, termasuk untuk bidang pertanian. Para petani bisa memasarkan hasil pertaniannya secara online. Hal ini secara langsung tentu saja dapat meningkatkan pendapatan para petani secara signifikan.

Studi global oleh perusahaan consulting dunia yang dilakukan di 26 negara mengatakan bahwa penggunaan teknologi informasi berupa telepon genggam bisa meningkatkan pendapatan petani hingga 11 persen. Maka dari itu, demi meningkatkan kesejahteraan petani, Kominfo menargetkan jumlah petani dan nelayan bisa go-online sebanyak 1 juta pengguna di 2019.

Seiring dengan berjalannya target tersebut, 8Villages, sebuah usaha rintisan teknologi yang bertujuan mensejahterakan petani, meluncurkan aplikasi PETANI. Ini adalah sebuah aplikasi penghubung antarpetani dengan para pakar di bidangnya untuk bertukar informasi tentang berbagai macam masalah pertanian. Misalnya, informasi tentang bagaimana cara menanam dengan efektif agar meminimalisir kegagalan dalam bercocok tanam. Aplikasi ini tak ubahnya seperti wadah solusi terpadu bagi para petani dan media bertukar pikiran, agar mereka bisa bekerja lebih produktif.

Bersamaan dengan itu, 8Villages dan World Wildlife Fund (WWF) bekerja sama menciptakan sebuah agri e-commerce RegoPantes yang berfungsi menghubungkan petani dengan konsumen. Hal ini mempermudah pembeli menjangkau produk hasil pertanian langsung dari para petaninya itu sendiri, seperti memilih produk panennya hingga memilih tempat untuk drop point.  Dengan adanya terobosan ini diharapkan para petani bisa mendapatkan harga yang pantas, yang lebih sesuai dengan upaya mereka.

Baca Juga :

Seri Fengsui Bisnis: Logo Usaha untuk Bisnis Pertanian Organik
Ramai RUU POM, Geliat Bisnis Industri Jamu Tradisional Diperkirakan Naik hingga 10%
 

 

Citra Narada Putri
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article