Kewirausahaan

Mau Jualan di Asian Games 2018, Cek Peluang Usaha di Sini!

oleh Faunda Liswijayanti

Asian Games merupakan pesta olahraga terbesar di Asia yang diadakan empat tahun sekali dan diikuti oleh 45 negara Asia yang terdaftar dalam Dewan Olimpiade Asia. Tahun ini, untuk kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah dalam penyelanggaraan Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Agustus – 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.
 
Rencananya, ada 40 cabang olahraga yang dihadirkan dengan jumlah atlit mencapai 14.000 dan 7.000 official dari berbagai negara. Persiapan pun telah dilakukan oleh pihak penyelenggara Asia Games sejak beberapa tahun belakangan ini.
 
Tentunya kemeriahan Asian Games 2018 ini bisa dilihat sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, karena aka nada banyak orang yang terlibat dalam event olahraga terbesar di Asia. Ribuan tamu dari seluruh Asia, siap belanja.
 
Penyelenggara Asian Games 2018 membuka kesempatan bagi pebisnis untuk bisa berkontribusi lebih dalam pesta olahraga ini dengan membuka stand untuk berjualan di Gelora Bung Karno, Jakarta dan Jakabaring Sport Center, Palembang. Lewat akun instagram resminya @asiangames2018 mengajak para wirausaha untuk bergabung dan mendaftarkan diri. Caranya, kirim data berupa: nama perusahaan, jenis produk, social media, dan nomor telepon yang bisa dihubungi ke email asianfestival@asiangames2018.id. Apapun bisnis Anda, daftarkan sebelum 3 Agustus 2018 dan dapatkan potongan untuk registration fee.


Dok: Instagram @asiangames2018
 
Tertarik? Sebelum mendaftar pastikan produk Anda unggul dan memiliki daya tarik bagi para pecinta olah raga di Asia. Beberapa pilihan bisnis berikut ini dipercaya akan laris manis di ajang Asian Games 2018.
 
1/ Kuliner
Bisnis kuliner memang tak ada matinya. Event besar yang dihadiri ribuan orang, penjaja makanan akan ramai dikunjungi. Apalagi produk yang Anda tawarkan memiliki ciri khas ke daerahan, seperti kerak telor, pempek, dan makanan khas lainnya. Bisnis minuman juga punya peluang yang besar, seperti kopi hingga jus. Ide bisnis kuliner lainnya yang juga menarik adalah menu makanan sehat. Tentunya aka nada banyak atlit dan pecinta olahraga yang peduli dengan kesehatan mereka, jadi makanan sehat akan punya pasar yang besar.  
 
2/ Kerajinan Tangan
Indonesia merupakan negara yang kaya akan kerajinan tangan. Produk-produk lokal ini bisa menjadi souvenir khas Indonesia yang akan banyak dicari pengunjung Asian Games 2018 sebagai oleh-oleh. Aneka kain nusantara, seperti batik, songket dan tenun bisa menjadi souvenir yang menarik. Selain itu, produk seperti tas dan dompet juga bisa jadi incaran para pemburu oleh-oleh.
 
3/ Bisnis Kaus Olahraga
Bisnis yang berhubungan dengan olahraga tidak pernah surut, termasuk bisnis kaus olahraga. Selain menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, bisnis kaus olahraga juga mudah dan relatif minim modal. Yang terpenting Anda memiliki link yang baik untuk mendapatkan penjahit yang bisa diajak bekerja sama hingga bahan baku yang relatif murah. Dengan demikian, Anda bsia menawarkan harga yang kompetitf namun kualitas produk tetap terjaga.  
 
4/ Souvenir
Beragam souvenir yang official tentunya sudah dipersiapkan penyelenggara. Meski begitu masih ada peluang untuk membuat souvenir yang unik, seperti kaus atau tas belanja dari kain belacu. Namun, sebelum Anda meletakkan logo atau maskot, pastikan dahulu hal ciptanya.
 
5/ Jasa Refleksi atau Massage
Indonesia terkenal dengan berbagai teknik spa dan massage serta aroma terapi yang bisa mengembalikan kesegaran tubuh. Membuka stand untuk refleksi atau massage menghilangkan penat, diprediksi akan banyak peminat. Setelah capai aktivitas sepanjang hari, 30 menit melakukan refleksi atau massage bisa jadi hadiah menyenangkan untuk tubuh yang letih. Produk lainnya yang juga memiliki peluang bisnis besar adalah essential oil dengan aroma khas. (f)

Baca Juga: 
BERTHA GANI: DARI OLAHRAGA BERBUAH LABA
CINDY ENGKENG: DARI OLAHRAGA BERBUAH LABA

 

Faunda Liswijayanti
-
Share This :

Trending

Related Article