Kewirausahaan

Rahasia Menjadi Pengusaha Sukses

oleh Gilang Gumilang

Foto: Fotosearch
 
Kebanyakan wanita takut memulai usahanya . Ada beberapa hal yang biasanya berkecamuk dalam pikiran  mereka: Bagaimana memulai usaha? Kapan memulainya? Apakah usaha ini akan berhasil? Semuanya jadi membingungkan dan terkadang membuat nyali ciut. Sebenarnya wajar saja, karena dalam bisnis jika tidak untung, ya rugi.
Memulai sesuatu yang baru butuh keberanian, akan ada tantangan atau pendekatan yang sangat khas, berbeda setiap orangnya. Yang sukses, bisa bercerita dengan bahagia. Yang gagal dan rugi bahkn milyaran rupiah, juga punya cerita pahit –meski mungkin akhirnya manis.
Jadi, apa yang bisa dilakukan:
 
Tumbuhkan Nyali
Ingat ajaran Lao Tzu ini: “The journey of a thousand miles begins with one step”. Ini kalimat motivasi untuk berani melangkah, satu kali saja, tanpa takut gagal.  Berani bukan nekat. Perlu persiapan agar keberanian, keyakinan, dan percaya diri tumbuh secara otomatis.
Tak harus sempurna. Ada orang-orang yang terobsesi dengan planning, akhirnya tidak mulai. Mereka merasa persiapannya kurang matang, sehingga akhirnya kesempatan dan peluang terbuang percuma.
 
Manfaatkan Waktu
Jangan takut memulai usaha. Manfaatkanlah waktu untuk memulai sesuatu. Ide bisnis jangan hanya berputar di kepala. Jangan pasif menunggu. Masih ingat dongeng masa kecil mengenai pertarungan antara batu melawan aliran sungai? Siapa yang menang?
Pasti aliran sungai. Hal ini bukan karena aliran sungai selalu deras dan memiliki kekuatan lebih besar. Tapi ia selalu menang berkat kegigihannya yang terus-menerus menerjang sang batu.

Nah, bagaimana?
Siap untuk memulai usaha dan melakukan langkah pertama? (f)
 
 
 

 

Gilang Gumilang
Penulis
Share This :

Trending

Related Article