Kewirausahaan

Strategi Memulai Bisnis

oleh Gilang Gumilang


Katakanlah saat ini Anda masih bekerja dan ingin memiliki bisnis sendiri yang dikelola sambil bekerja. Peluangnya memang banyak, apalagi kini Anda dimudahkan oleh teknologi, misalnya smartphone yang bisa membuat bisnis Anda bukan hanya lokalan tapi juga lintas negara.  
Nah, hal-hal apa yang bisa Anda persiapkan?
 
Lakukan riset dan pelajari bisnis yang Anda incar. Mulai dari industrinya, detil usaha, peluang yang  mungkin bisa didapat, kemungkinan di masa depan, dan sebagainya. Anda bisa membandingkan bisnis Anda dengan tren bisnis tahun depan atau tren bisnis sepuluh tahun ke depan, misalnya.

Berlatihlah dengan pertanyaan-pertanyaan kritis. Buat daftar pertanyaan, kalau bisa yang sulit dijawab mengenai bisnis Anda. Cobalah jawab sendiri dan cari referensi jawaban dari internet. Bagaimana jika pertanyaan tersebut tak bisa dijawab? Apakah artinya bisnis Anda akan gagal. Nah, ingat kunci ini: Jangan pernah takut untuk melangkah.

Mengembangkan diri. Misalnya dengan membaca buku-buku, mempelajari keahlian baru terkait bisnis Anda, atau bergabung dengan organisasi bisnis. Selain membuka jaringan, kegiatan-kegiatan positif ini juga berguna untuk melatih kemampuan berimprovisasi saat bisnis Anda mulai menghadapi tantangan-tantangan baru.

Terus mengikuti pergerakan industri atau bisnis Anda, baik lewat berita di media maupun sertifikasi baru yang dibutuhkan, agar Anda tetap memiliki kualifikasi relevan dan up to date terhadap teknologi maupun informasi terbaru.

Selalu persiapkan mental untuk hal yang tidak diinginkan. Banyak faktor tidak terduga yang dapat terjadi, jadi buka diri Anda untuk melihat peluang baru.

 

 

Gilang Gumilang
Penulis
Share This :

Trending

Related Article