Kewirausahaan

Sukses Bertahan di Bisnis Waralaba, Lakukan 7 Langkah Ini

oleh Wanita Wirausaha Femina

Dok: @foodiesfeed / unsplash.com


Pilihan bisnis waralaba semakin banyak, peminatnya pun meluas. Selain modalnya jauh lebih kecil dibanding mendirikan bisnis dengan nama baru, bisnis waralaba juga lebih praktis karena biasanya perlengkapan dan peralatan telah tersedia. Masalahnya, banyak bisnis waralaba gulung tikar dalam waktu cepat. Biar nggak tercebur di jurang yang sama, ikuti tip sukses berikut.

1/ Memiliki mindset dan mental wirausaha
Mindset dan mental merupakan hal utama yang harus dimiliki setiap pebisnis. Siap menerima dan menjalankan tantangan yang ada, pantang menyerah dan mau bangkit lagi jika menemui kegagalan. Kebanyakan pebisnis mudah menyerah saat bisnisnya merugi atau kehabisan modal, ini rentan membuat bisnis berhenti.

2/ Kuasai peraturan
Sebagai calon franchise (penerima waralaba), Anda juga harus mempelajari Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007 tentang Waralaba saat ini. Dalam peraturan tersebut dijelaskan mengenai kriteria usaha waralaba, hak dan kewajiban masing-masing franchisee dan franchisor, perjanjian kerja sama yang benar, dan lain-lain.

3/ Pilih yang beda
Pilihlah jenis usaha waralaba yang belum ada atau masih jarang dijumpai alias antimainstream. Jenis usaha yang mempunyai keunikan dan perbedaan dari lainnya lebih banyak dilirik dan diminati konsumen. Ini akan memengaruhi sukses tidaknya waralaba Anda.

4/ Lokasi Strategis
Pilihlah lokasi usaha yang sangat strategis, misalnya di pinggir jalan raya, sudut perempatan, daerah keramaian, atau lokasi ramai di sekitar outlet/ruko tempat berjualan. Semakin ramai lokasi, kemungkinan pengunjung membeli semakin besar. Dengan begitu omzet penjualan bisa semakin meningkat.

5/ Perhatikan kualitas dan mutu produk
Mutu dan kualitas produk harus diutamakan dan dijaga sesuai SOP. Apalagi jika Anda berbisnis waralaba makanan (F&B). Rasa dan kualitas harus dipertahankan secara konsisten. Untuk itu Anda wajib memberikan pembinaan dan pengawasan rutin kepada para karyawan.

6/ Jaminan kelengkapan barang
Ketersediaan bahan baku/barang merupakan faktor penting yang harus selalu dipantau. Jangan sampai pelanggan kecewa dan beralih ke toko lain hanya karena outlet Anda kehabisan.

7/ Punya strategi jitu
Dalam berbisnis pasti ada persaingan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan strategi marketing dan promosi yang kencang untuk menopang bisnis tetap berjalan. Bisnis waralaba wajib berinovasi dan memiliki kreativitas dalam memberikan promo-promo menarik setiap periodenya sehingga para pelanggan akan setia membeli di outlet Anda. (f)


Baca Juga: 
BERBISNIS WARALABA, YUK!
15 BISNIS WARALABA YANG MENJANJIKAN


 

 

Tim Wanwir
Femina Indonesia
Share This :

Trending

Related Article